Sistem Komunikasi Orang Tua Dalam Pembentukan Kepribadian Anak Usia Dini

Munawar, 410805340 (2014) Sistem Komunikasi Orang Tua Dalam Pembentukan Kepribadian Anak Usia Dini. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Sistem  Komunikasi Orang Tua Dalam Pembentukan Kepribadian Anak Usia Dini] Text (Sistem Komunikasi Orang Tua Dalam Pembentukan Kepribadian Anak Usia Dini)
Munawar, 410805340, FDK, KPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pada masa sekarang ini pembahasan tentang sistem komunikasi tidak akan terlepas dari sistem sosial. Sebab komunikasi merupakan bagian dari dimensi ilmu sosial, lantaran komuniasi adalah bagian dari pola interaksi unsur unsur dalam sistem sosial. Singkatnya, komunikasi adalah bagian dari dimensi sosial yang khusus membahas pola interaksi antarmanusia dengan menggunakan ide atau gagasan lewat lambang atau suara. Begitu juga dengan sistem komunikasi orang tua yang akan di bahas dalam Skripsi ini, yang berjudul "Sistem Komunikasi Orang Tua Dalam Pembentukan Anak Usia Dini”. Sebuah keluarga merupakan suatu contoh yang baik dari suatu sistem, karena dengan adanya sistem komunikasi orang tua dapat membentuk kepribadian anak usia dini. Sistem komunikasi tidak akan berjalan dengan baik apabila tidak digunakan sesuai dengan prosedumya. Karena didalam sistem komunikasi mempunyai empat unsur yaitu teknik, jenis, model, dan bentuk komunikasi, yang menjadi persoalannya adalah, bagaimana sistem komunikasi yang dibangun orang tua dalam pembentukan kepribadian anak usia dini. Tujuan penilitian ini adalah untuk mengetahui sistem komunikasi yang dibangun orang tua dalam pembentukan kepribadian anak usia dini, dan apa peran orang tua mempersiapkan kepribadian anak usia dini sebelum berada da)am pendidikan dasar (PAUD) dan bergaul dalam kehidupan bennasyarakat. Adapun mamafaat dari penelitian ini yaitu membantu memperluas wawasan para orang tua untuk menumbuhkembangkan kepribadian anak usia dini agar menjadi pribadi yang lebih baik dimasa depan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam peneltian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan studi kepustakaan. Pengolahan data dilakukan dengan mengumpulkan sejumlah data untuk diseleksi, menganalisis sehingga dapat menarik kesimpulan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa sistem komunikasi yang dibangun orang tua, dilihat dari teknik komunikasi menggunakan teknik komunikasi perencanaan dan pentahapan. Dari segi jenis komunikasi orang tua menggunakan komunikasi verbal, dan model komunikasi yang dibangun orang tua adalah model komunikasi satu arah dan dua arah. Peran orang tua dalam pembentukan kepribadian anak masih kurang memadai, karena belum mampu memberikan contoh teladan yang baik bagi anaknya. Sistem komunika.si yang seharusnya dibangun orang tua dalam pembentukan kepribadian anak usia dini yaitu dengan. Menggunakan teknik komunikasi perencanaan dan pentahapan, Jenis. komunikasi verbal, . menggunakan model komunik.asi dua arah, dan bentuk komunikasi intra personal, inter personal, dan komunikasi kelompok. Dengan terbangunnya sistem komunikasi yang baik da1am keluarga antara orang tua dan anak, maka hubungan yang harmonis dalam keIuarga dapat terbangun, sehingga proses komunikasi dalam keluarga pun berjalan dengan lancer dan menumbuhkan kepribadian anak yang lebih baik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media (Sarana Komunikasi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.3 Interaksi sosial dalam kelompok
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 03 Jan 2023 08:31
Last Modified: 03 Jan 2023 08:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25094

Actions (login required)

View Item
View Item