Pemahaman Agama Bagi Anak di Panti Asuhan Yatim Piatu Yayasan Kinderhut Indonesia Kec. Indrapuri Kab. Aceh Besar

Rauzatul Jannah, 170304001 (2022) Pemahaman Agama Bagi Anak di Panti Asuhan Yatim Piatu Yayasan Kinderhut Indonesia Kec. Indrapuri Kab. Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pemahaman Agama Bagi Anak di Panti Asuhan Yatim Piatu] Text (Pemahaman Agama Bagi Anak di Panti Asuhan Yatim Piatu)
Rauzatul Jannah, 170304001, FUF, AFI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Agama merupakan dorongan hidup atau media pengendalian diri yang merancang ikatan manusia dengan sang pencipta. Bimbingan agama membentuk manusia yang bertaqwa, taat dan patuh dengan ajaran agama Islam. Menjadi manusia selaku makhluk sosial dan akhlak mulia. Terutama sekali bagi anak dalam masa pertumbuhan. Terlebih bagi anak-anak yang kurang mendapatkan perhatian dari keluarga, seperti anak yatim, piatu dan anak-anak broken home.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana pelaksanaan penerapan pemahaman agama bagi anak di Yayasan Kinderhut Indonesia Kec.Indrapuri Kab. Aceh Besar.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sehingga semua hasil yang didapatkan berdasarkan data-data dari hasil wawancara dan observasi serta dokumentasi atau data yang didapatkan berdasarkan dari lapangan. Responden dalam penelitian ini terdiri dari pimpinan panti, beberapa pengasuh serta anak asuh.
Hasil penelitian di Panti Asuhan Yatim Piatu Yayasan Kinderhut Indonesia Indrapuri bahwa: yang pertama diterapkan melalui melaksanakan ibadah Sholat berjamaah lima waktu, Puasa di bulan Ramadhan, membaca tulis Al-Quran, memberikan nasihat, membaca doa sehari-hari serta membaca surat Al Waqiah dan surat Ar-Rahman setelah shalat subuh dan ashar. Kedua dengan menggunakan metode keteladanan, metode pembiasaan, metode pemberian nasehat dan kisah, metode tutor sebaya, metode janji dan hukuman. Ketiga materi Aqidah Akhlak, membaca tulis Al Qur'an, Ilmu Tauhid, Ibadah dan Ilmu Fiqih. Keempat faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan pemahaman agama bagi anak di panti Yayasan Kinderhut Indonesia Kec.Indrapuri Kab. Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Rauzatul Jannah Rauza
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:34
Last Modified: 24 Jan 2023 02:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25104

Actions (login required)

View Item
View Item