Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Kesejahteraan Subjektif Pada Wanita Yang Menikah Usia Muda Di Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie

Nanda Sari, Nanda (2023) Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Kesejahteraan Subjektif Pada Wanita Yang Menikah Usia Muda Di Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang kecerdasan emosional dan kesejahteraan subjektif pada wanita yang menikah usia muda] Text (Membahas tentang kecerdasan emosional dan kesejahteraan subjektif pada wanita yang menikah usia muda)
Nanda Sari, 180901124, FPSI, PSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Kecerdasan emosional memiliki pengaruh yang besar terhadap kesejahteraan subjektif dalam pernikahan, apabila individu mempunyai kemampuan mengelola emosi dengan baik maka akan merasakan kesejahteraan atau kebahagiaan dalam pernikahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan kesejahteraan subjektif pada wanita yang menikah usia muda di Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan menggunakan teknik sampel jenuh, teknik ini digunakan karena jumlah populasi relatif kecil atau sedikit sehingga peneliti mengambil semua populasi yang berjumlah 92 wanita yang menikah usia muda dijadikan sebagai sampel. Instrumen dalam penelitian ini menggunkan dua skala, yaitu skala kesejahteraan subjektif yang disusun berdasarkan aspek dari Diener (2000) dan kecerdasan emosional yang disusun berdasarkan aspek dari Goleman (1995). Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik korelasi rho dari Spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,814 dengan taraf signifikansi p=0,000 (p<0,05) yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kecerdasan emosional dengan kesejahteraan subjektif pada wanita yang menikah usia muda di Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie, artinya semakin tinggi kecerdasan emosional maka semakin tinggi kesejahteraan subjektif pada individu, sebaliknya semakin rendah kecerdasan emosional maka semakin rendah pula kesejahteraan yang dirasakan individu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Nanda Sari
Date Deposited: 04 Jan 2023 02:12
Last Modified: 04 Jan 2023 02:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25119

Actions (login required)

View Item
View Item