Pengaruh Media Pop-Up Book dan Big Book Terhadap Motivasi Membaca Siswa di Perpustakaan SD Negeri 42 Banda Aceh

Nurhanifah, 150503111 (2022) Pengaruh Media Pop-Up Book dan Big Book Terhadap Motivasi Membaca Siswa di Perpustakaan SD Negeri 42 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Media Pop-Up Book dan Big Book Terhadap Motivasi Membaca] Text (Pengaruh Media Pop-Up Book dan Big Book Terhadap Motivasi Membaca)
Nurhanifah, 150503111, FAH, IP, 082324648437.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengaruh Media Pop-Up Book dan Big Book Terhadap Motivasi Membaca Siswa di Perpustakaan SD Negeri 42 Banda Aceh”. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana pengaruh media pop-up terhadap motivasi membaca, 2). Bagaimana pengaruh media pop-up terhadap motivasi membaca, 3) Bagaimana pengaruh media pop-up dan big book terhadap motivasi membaca siswa di SD Negeri 42 Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 70 orang. Penentuan sampel dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data dalam dan penelitian ini adalah dengan menggunakan angket dan dokumentasi dan di analisis dengan rumus regresi linear sederhana serta bantuan SPSS versi 22.0. Berdasarkan hasil dari pengolahan data diperoleh: Terdapat pengaruh yang cukup kuat antara media pop up terhadap motivasi membaca siswa di perpustakaan SD Negeri 42 Banda Aceh. Dari hasil pengolahan data diperoleh nilai “r” sebesar 0,546. nilai tersebut terdapat pengaruh yang cukup kuat dari media pop up terhadap motivasi membaca. Dari hasil pembuktian hipotesis, diperoleh harga thitung sebesar 10,520 dengan harga ttabel 1,667 maka terlihat bahwa thitung lebih besar dari ttabel maka Ho di terima dan Ha ditolak,. Terdapat pengaruh yang rendah antara media big book terhadap motivasi membaca siswa di perpustakaan SD Negeri 42 Banda Aceh. Dari hasil pengolahan data diperoleh nilai “r” sebesar 0,222. nilai tersebut terdapat pengaruh yang rendah dari media Big book terhadap motivasi membaca siswa Dari hasil pembuktian hipotesis, diperoleh harga thitung sebesar 8,512 dengan harga ttabel 1,667 maka terlihat bahwa thitung lebih besar dari ttabel maka Ho diterima dan Ha ditolak. Terdapat pengaruh yang cukup kuat antara media pop up (X1), dan media big book (X2) terhadap motivasi membaca (Y) secara simultan. Dari hasil pembuktian hipotesis, diperoleh harga Fhitung sebesar 14.267 dengan harga Ftabel sebesar 3,98 maka terlihat bahwa Fhitung lebih besar dari Ftabel maka Ho diterima dan Ha ditolak, artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara media pop up (X1) dan big book (X2) terhadap motivasi membaca siswa (Y) di Perpustakaan SD Negeri 42 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Khatib A.Latief, M.Lis 2. Cut Putroe Yuliana, M.IP
Uncontrolled Keywords: Media Pop-Up Book dan Big Book, Motivasi Membaca
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Nurhanifah Nur
Date Deposited: 04 Jan 2023 02:56
Last Modified: 04 Jan 2023 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25138

Actions (login required)

View Item
View Item