Pengaruh Tingkat Pendapatan, Pengetahuan Zakat dan Kepercayaan Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat di Baitul Mal Aceh

Novyta Helida, 191008020 (2023) Pengaruh Tingkat Pendapatan, Pengetahuan Zakat dan Kepercayaan Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat di Baitul Mal Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Tingkat Pendapatan, Pengetahuan Zakat dan Kepercayaan Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat di Baitul Mal Aceh] Text (Pengaruh Tingkat Pendapatan, Pengetahuan Zakat dan Kepercayaan Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat di Baitul Mal Aceh)
Novyta Helida, 191008020, PASCA, ES, 08527015524 .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tingginya potensi zakat di Aceh yang mencapai angka triliyun per tahun, namun tidak sebanding dengan jumlah zakat yang terkumpul hanya berkisar puluhan milyar. Hal ini mengindikasikan bahwa masih ada golongan masyarakat yang belum menyalurkan zakat melalui Baitul Mal Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendapatan, pengetahuan zakat, dan kepercayaan terhadap minat muzakki membayar zakat di Baitul Mal Aceh.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah muzakki yang berada di Banda Aceh dan sekitarnya. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random, peneliti menetapkan jumlah sampel sebanyak 98 responden. Sumber data, yaitu sumber data primer yang diperoleh dari jawaban responden. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang diberikan kepada responden.
Pengujian hasil angket atau kuesioner dengan menggunakan analisis validitas dan analisis reliabilitas. Analisis data penelitian menggunakan uji asumsi klasik, regresi berganda, uji t, uji F, dan uji R2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendapatan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat muzakki membayar zakat, variabel pengetahuan zakat dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap minat muzakki membayar zakat, dan secara bersama-sama (simultan) tingkat pendapatan, pengetahuan zakat, dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap minat muzakki membayar zakat di Baitul Mal Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: Novyta Helida
Date Deposited: 04 Jan 2023 04:29
Last Modified: 04 Jan 2023 04:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25155

Actions (login required)

View Item
View Item