Analisis Pengembangan Modul Praktikum Jaringan Komputer Berbasis Graphical Network Simulator 3 (Gns3) Dan Efektivitas Penggunaannya Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 2 Sinabang

Robi Anriansyah, 150212030 (2022) Analisis Pengembangan Modul Praktikum Jaringan Komputer Berbasis Graphical Network Simulator 3 (Gns3) Dan Efektivitas Penggunaannya Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 2 Sinabang. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Pengembangan Modul Praktikum Jaringan Komputer Berbasis Graphical Network Simulator 3 (Gns3) Dan Efektivitas Penggunaannya Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 2 Sinabang] Text (Analisis Pengembangan Modul Praktikum Jaringan Komputer Berbasis Graphical Network Simulator 3 (Gns3) Dan Efektivitas Penggunaannya Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 2 Sinabang)
Robi Anriansyah, 150212030, FTK, PTI, 082272849155.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penggunaan modul praktikum jaringan komputer berbasis Graphical Network Simulator 3 (GNS3) terhadap hasil belajar siswa di SMK Negeri 2 Sinabang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research And Development (R&D). Peneliti mengembangkan sebuah modul praktikum berbasis Graphical Network Simulator 3 (GNS3) untuk memudahkan siswa dalam belajar secara mandiri maupun kelompok. Setelah modul praktikum jaringan komputer berbasis Graphical Network Simulator 3 (GNS3) dikembangkan dan divalidasi oleh para pakar ahli serta direvisi oleh peneliti, modul praktikum jaringan komputer langsung dapat diuji coba pada siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 2 Sinabang yang berjumlah 22 orang. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Untuk melihat hasil belajar siswa peneliti memberikan tes, dengan bentuk pre-test dan post-test. Untuk mengetahui ketertarikan siswa terhadap modul praktikum jaringan komputer berbasis Graphical Network Simulator 3 (GNS3) maka dilakukan pembagian angket respon. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa nilai rata-rata pada hasil pre-test lebih rendah yaitu 40,45 dibandingkan hasil post-test sebanyak 71,59. Dapat disimpulkan bahwa efektivitas penggunaan modul praktikum jaringan komputer berbasis Graphical Network Simulator 3 (GNS3) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Adapun respon siswa terhadap modul praktikum jaringan komputer berbasis Graphical Network Simulator 3 (GNS3) adalah baik. Dibuktikan dengan hasil persentase respon positif pada lembar angket kuisioner adalah 75,4%, sedangkan siswa dengan respon negatif sebanyak 24,5%. Maka dapat disimpulkan bahwa siswa tertarik belajar menggunakan modul praktikum jaringan komputer berbasis Graphical Network Simulator 3 (GNS3).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Modul Praktikum Berbasis Graphical Network Simulato3 (GNS3), Jaringan Komputer, Media Pembelajaran, Efektivitas Penggunaan, Hasil Belajar
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Robi Anriansyah Robi
Date Deposited: 05 Jan 2023 02:10
Last Modified: 05 Jan 2023 02:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25163

Actions (login required)

View Item
View Item