Analisis Peran Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat DiTinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada BUMG Bungong Jeumpa Gampong Reuba Kecamatan Delima Kabupaten Pidie)

Rahma Santi, 180602026 (2022) Analisis Peran Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat DiTinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada BUMG Bungong Jeumpa Gampong Reuba Kecamatan Delima Kabupaten Pidie). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Maqashid Syariah] Text (Maqashid Syariah)
Rahma Santi, 180602026, FEBI, ES, 082262647638.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Struktur pemerintahan yang terkecil adalah desa, maka pembangunan kegiatan perekonomian masyarakat dimulai dari tahap paling bawah yaitu desa, Undang–Undang No 6 Tahun 2016 merupakan regulasi yang dibentuk pemerintah untuk membangun suatu desa yang mandiri serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana mekanisme pengelolaan dan peran BUMG dalam peningkatan kesejahteraan menurut perspektif ekonomi Islam tinjauan Maqashid Syariah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan filed research meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan BUMG masih belum maksimal, dikarenakan masih terbatasnya SDM. BUMG Bungong Jeumpa ini sudah berperan dalam meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat hanya saja belum dapat dikatakan maksimal, yakni masih adanya ketimpangan kesejahteraan antar masyarakat di Desa Reuba yaitu pendapatan yang didapat masih sangat rendah. Sedangkan dalam perspektif ekonomi Islam tinjauan Maqashid Syariah, BUMG Bungong Jeumpa belum memberikan kesejateraan dikarenakan ada beberapa dari prinsip maqashid syariah yang belum terpenuhi secara maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Rahma Santi Rahma
Date Deposited: 05 Jan 2023 02:11
Last Modified: 05 Jan 2023 02:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25171

Actions (login required)

View Item
View Item