Resistensi Bacillus sp. terhadap Logam Seng (Zn) yang Diisolasi dari Sedimen Sungai Krueng Aceh: Studi Biomonitoring dan Analisis Potensi Bioremediasi

Della Jaswita, 180702062 (2022) Resistensi Bacillus sp. terhadap Logam Seng (Zn) yang Diisolasi dari Sedimen Sungai Krueng Aceh: Studi Biomonitoring dan Analisis Potensi Bioremediasi. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Sungai Krueng Aceh] Text (Sungai Krueng Aceh)
Della Jaswita, 180702062, FST, TL, 085361420051.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Sungai Krueng Aceh teridentifikasi tercemar oleh buangan limbah dengan kandungan senyawa kimia di dalamnya sehingga keberadaan bakteri dapat digunakan sebagai bioindikator kualitas lingkungan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh parameter fisik dan kimia air terhadap total koloni bakteri sedimen serta mengetahui kemampuan dan tingkat resistensi Bacillus sp. yang dominan tumbuh pada sedimen Sungai Krueng Aceh terhadap logam seng. Penelitian ini menggunakan metode isolasi cawan sebar dan uji resistensi dengan metode difusi agar. Hasil analisis menunjukkan hanya parameter Dissolved Oxygen (DO) dan Chemical Oxygen Demand (COD) yang berpengaruh terhadap total koloni sebagai biomonitoring kualitas perairan Sungai Krueng Aceh. Karakteristik morfologi sel Bacillus sp. teramati berbentuk batang, koloni berwarna krem putih, tepi koloni berbentuk bulat dan berombak, elevasi diamati dari permukaan pertumbuhan koloni terhadap media yaitu rata dan cembung. Pewarnaan Gram pada bakteri menunjukkan hasil gram positif, uji endospora menunjukkan hasil positif. Uji resistensi Bacillus sp. pada logam seng hingga konsentrasi 300 mg/l mampu tumbuh dengan karakteristik resistensi kuat berdiameter di bawah 13 mm.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Della Jaswita Della
Date Deposited: 05 Jan 2023 04:27
Last Modified: 09 Oct 2023 04:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25172

Actions (login required)

View Item
View Item