Pengaruh Interpretasi terhadap Preferensi Keterpilihan Caleg Perempuan di DPRK Kota Sabang

Rafifah Munifah, 180801029 (2022) Pengaruh Interpretasi terhadap Preferensi Keterpilihan Caleg Perempuan di DPRK Kota Sabang. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Interpretasi terhadap Preferensi Keterpilihan Caleg Perempuan] Text (Pengaruh Interpretasi terhadap Preferensi Keterpilihan Caleg Perempuan)
Rafifah Munifah, 180801029, FISIP, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Kota Sabang merupakan salah satu kota yang memiliki tingkat prsentase keterwakilan perempuan cukup tinggi pernah mencapai mencapai 30,0% di Provinsi Aceh. Kota Sabang merupakan lokus penelitian yang menarik diteliti karena memiliki kondisi sosial budaya yang unik di masyarakat sehingga memengaruhi preferensi masyarakat terhadap keterwakilan perempuan di parlemen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna relasi gender bagi masyarakat Kota Sabang. Selanjutnya mencari faktor-faktor, yang memengaruhi pandangan masyarakat tersebut. Dan mencari bagaimana sosial budaya masyarakat memengaruhi keterpilihan caleg di DPRK Kota Sabang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kota Sabang memiliki kemajemukan yang dipengaruhi oleh adanya budaya yang beragam di dalam sosial masyarakatnya. Hal itu menyebabkan adanya keterbukaan sehingga berdampak pada pandangan masyarakat terkait relasi gender. Secara spesifik terdapat beberapa faktor yang memengaruhi pandangan masyarakat akan relasi gender: Terdapat faktor kultural : Representasi perempuan secara tradisional, budaya tradisionalistik, diskriminasi gender, inovasi dalam hak pilih perempuan, Inovasi yang di berikan perempuan, pencapaian Pendidikan dan pekerjaan. Terdapat pula faktor struktural : Kompensasi legislatif. Rata-rata ukuran pemilihan, siding legislatif tahunan, Panjang sesi legislatif. Berdasarkan hasil tersebut, maka penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh sosial budaya terhadap interpretasi masyarakat atas keberadaan caleg perempuan, sehingga berdampak pada peningkatan preferensi masyarakat atas caleg perempuan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Rafifah Munifah Ifah
Date Deposited: 09 May 2023 02:31
Last Modified: 09 May 2023 02:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25174

Actions (login required)

View Item
View Item