Implementasi Permensos Nomor 20 Tahun 2017 Tentang Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni Dan Sarana Prasarana Lingkungan (Studi Kasus Kecamatan Dabun Gelang Kabupten Gayo Lues)

Siska Alfani, 170105016 (2023) Implementasi Permensos Nomor 20 Tahun 2017 Tentang Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni Dan Sarana Prasarana Lingkungan (Studi Kasus Kecamatan Dabun Gelang Kabupten Gayo Lues). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Implementasi Permensos Nomor 20 Tahun 2017 Tentang Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni Dan Sarana Prasarana Lingkungan (Studi Kasus Kecamatan Dabun Gelang Kabupten Gayo Lues)] Text (Implementasi Permensos Nomor 20 Tahun 2017 Tentang Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni Dan Sarana Prasarana Lingkungan (Studi Kasus Kecamatan Dabun Gelang Kabupten Gayo Lues))
Siska Alfani, 170105016, FSH, HTN, 082277477418.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Kemiskinan merupakan fenomena sosial klasik yang sudah melekat dalam masyarakat. Kemiskinan membuat masyarakat miskin tidak mampu memenuhi salah satu kebutuhan dasar berupa rumah layak huni. Ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar khususnya papan atau tempat tinggal atau rumah yang layak huni menyebabkan keluarga miskin tidak dapat melakukan fungsinya dengan baik. Pengembangan permukiman ditunjukan untuk mewujudkan tempat hunian yang layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah di Kabupaten Gayo Lues, melalui pemberdayaan dalam pembangunan dan perbaikan permukiman. Dalam PERMENSOS Nomor 20 Tahun 2017 tentang Rehabilitasi Rumah Tidak L ayak Huni dan Sarana Prasarana. Masalah yang diteliti ialah bagaimana mekanisme pemilihan penerima manfaat program rehabilitasi rumah tidak layak huni di Kecamatan Dabun Gelang Kabupaten Gayo Lues. Bagaimana implementasi program rehabiliasi rumah tidak layak huni di Kecamatan Dabun Gelang Kabupaten Gayo Lues dari perspektf fiqh siyasah. Metode yang digunakan menelaah uraian ilmiah secara kualitatif yakni penelitian yang menitikberatkan pada penemuan data secara ilmuah di lapangan. Hasil penelitian yang didapati bahwa dalam pemilihan penerima manfaat program rehabilitasi rumah tidak layak huni ini belum berjalan dengan baik karena belum menyeluruh ke semua desa yang ada di Kecamatan Dabun Gelang. Menurut perspektif fiqh siyasah pemimpin harus berlaku adil dalam menjalankan amanah sebagai pemimpin untuk tercapainya kemaslahatan bagi masyarakat melalui perubahan-perubahan kondisi masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Tata Negara
Depositing User: Siska Alfani Siska
Date Deposited: 05 Jan 2023 02:11
Last Modified: 05 Jan 2023 02:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25184

Actions (login required)

View Item
View Item