Perspektif Masyarakat Gampong Dayah Baro Kecamatan Delima Kabupaten Pidie Tentang Potensi Zakat Mal

Shafrizal Sarti Sukarna, 180404022 (2023) Perspektif Masyarakat Gampong Dayah Baro Kecamatan Delima Kabupaten Pidie Tentang Potensi Zakat Mal. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Perspektif Masyarakat Gampong Dayah Baro Kecamatan Delima Kabupaten Pidie Tentang Potensi Zakat Mal] Text (Perspektif Masyarakat Gampong Dayah Baro Kecamatan Delima Kabupaten Pidie Tentang Potensi Zakat Mal)
Shafrizal Sarti Sukarna, 180404022, FDK, PMI, 082259836395.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini disusun dalam rangka membahas tentang perspektif masyarakat Gampong Dayah Baro Kecamatan Delima Kabupaten Pidie terhadap potensi zakat mal. Gampong Dayah Baro Permasalahan utama adalah terkait pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap hukum zakat sehingga pandangan masyarakat terhadap potensi zakat mal masih sangat terbatas Hal inilah yang menarik bagi penelitian untuk melihat bagaimana pandangan masyarakat Gampong Dayah Baro terhadap potensi zakat Mal. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang bagaimana perspektif masyarakat tentang Potensi zakat Mal dan apa saja sumber potensi zakat Mal yang dimiliki masyarakat Gampong Dayah Baro. Pengambilan, mengumpulkan, dan menganalisis dalam kegiatan penelitian terhadap perspektif masyarakat Gampong Dayah Baro tentang potensi zakat mal yang merupakan masalah sosial dan bersifat dinamis Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan analisis data yang digunakan adalah deskripsi analisis dengan jumlah informan sebanyak 12 orang. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sumber potensi Zakat Mal yang dimiliki masyarakat Gampong Dayah Baro antara lain adalah zakat atas hasil pertanian padi, zakat atas hasil usaha, zakat atas profesi dan zakat atas Emas. Perspektif masyarakat Gampong Dayah Baro terhadap potesi zakat mal masih terbatas memandang sebagai suatu kewajiban yang diperintahkan oleh Allah SWT, apabila ditunaikan akan mendapat pahala dan apabila di abaikan akan mendapat dosa. Masyarakat belum memandang potensi zakat mal sebagai kewajiban sosial yaitu dapat meningkatkan ekonomi kelompok masyarakat Gampong Dayah Baro yang kurang mampu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Shafrizal Sarti Sukarna
Date Deposited: 06 Jan 2023 02:22
Last Modified: 06 Jan 2023 02:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25186

Actions (login required)

View Item
View Item