Model Pembinaan Keagamaan Bagi Generasi Milenial Di Masjid Agung Baitul Ghafur Aceh Barat Daya

Revi Pahrijal. A, 180404016 (2023) Model Pembinaan Keagamaan Bagi Generasi Milenial Di Masjid Agung Baitul Ghafur Aceh Barat Daya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Model Pembinaan Keagamaan Bagi Generasi Milenial Di Masjid Agung Baitul Ghafur Aceh Barat Daya] Text (Model Pembinaan Keagamaan Bagi Generasi Milenial Di Masjid Agung Baitul Ghafur Aceh Barat Daya)
Revi Pahrijal. A, 180404016, FDK, PMI, 082370363540.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Skripsi ini disusun dalam rangka membahas tentang Model Pembinaan Keagamaan Bagi Generasi Milenial Di Masjid Agung Baitul Ghafur Aceh Barat Daya. Masjid Baitul Ghafur Aceh Barat Daya melakukan pembinaan keagamaan terhadap generasi milenial, permasalahan utama adalah terkait generasi milenial yang notabennya adalah generasi yang labil dan serba instan juga dalam pengetahuan ilmu agama masih sangat minim mereka kuasai sehingga dengan keresahan ini Masjid Baitul Gahafur Aceh Barat Daya membuat solusi untuk generasi milenial untuk lebih mengenal dengan agama dengan membuat kegiatan pembinaan keagamaan yang bertempat di Masjid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembinaan keagamaan bagi generasi milenial dan apa mamfaat bagi geerasi milenial terhadap penerapan model pembinaan keagamaan tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan analisis data yang digunakan adalah deskripsi analisis dengan jumlah informan sebanyak 12 orang. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembinaan keagamaan yang di ikuti oleh pria dan wanita bagi generasi milenial antara lain adalah shubuh milenial dan kajian an-nisa yang diikuti oleh wanita dilaksanakan di Masjid Agung Baitul Ghafur Aceh Barat Daya. Mamfaat dari penerapan pembinaan keagamaan ini untuk generasi milenial sangat lah terlihat, antara lain adalah mamfaat aqidah yaitu meningkatkan ketaqwaan dalam beribadah, istiqamah,dan keimanan, mamfaat syariah yaitu melaksanakan ibadah, dan mengetahui hukum fiqih dalam kehidupan sehari-hari dan persiapan berumah tangga yang sakinah, mawaddah, warahmah. Dan mamfaat akhlak yaitu perilaku dan sikap baik itu dengan, orang tua, masyarakat, lingkungan sekitar maupun dengan sesama jamaah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Revi Pahrijal. A
Date Deposited: 06 Jan 2023 02:22
Last Modified: 06 Jan 2023 02:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25187

Actions (login required)

View Item
View Item