Inovasi Taman Baca Masyarakat (TBM) ‘Sigupai Mambaco’ dalam Membudayakan Literasi Masyarakat Di Desa Tangah Kabupaten Aceh Barat Daya

Nindika Fatmia, 180503089 (2022) Inovasi Taman Baca Masyarakat (TBM) ‘Sigupai Mambaco’ dalam Membudayakan Literasi Masyarakat Di Desa Tangah Kabupaten Aceh Barat Daya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Nindika Fatmia, 180503089, FAH, IP, 082286372505.pdf] Text
Nindika Fatmia, 180503089, FAH, IP, 082286372505.pdf

Download (6MB)

Abstract

Taman Baca Masyarakat (TBM) ‘Sigupai Mambaco’ merupakan Taman Baca Masyarakat satu-satunya di Aceh Barat Daya yang hadir atas keinginan dari pendiri untuk memberikan kesempatan khususnya kepada anak-anak dan masyarakat sekitar untuk lebih berminat dalam membaca dengan beberapa program kegiatan literasi. Walaupun hanya sebagai TBM sederhana yang masih banyak keterbatasan sarana dan prasarana, namun Taman Baca Masyarakat ‘Sigupai Mambaco’ tetap eksis dan konsisten untuk menjalankan program dalam mengembangkan literasi masyarakat serta telah berhasil meraih prestasi/penghargaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan inovatif Taman Baca Masyarakat ‘Sigupai Mambaco’ dalam membudayakan literasi masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah pendiri dan pengurus TBM ‘Sigupai mambaco’ yang berjumlah 2 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat program kegiatan inovatif yang diciptakan oleh TBM ‘Sigupai Mambaco’diantaranya: layanan peminjaman berbatas waktu (LaPibewa), jasa online delivery, kelas menulis, kelas tahsin, kelas sosiopreneur, kelas nada, kelas warna, kelas sehat, kelas lingkungan, kelas karya, kelas seni project, buku keliling (bukling), keta buku, festival seni sigupai mambaco (FSSM), minggu inspirasi, mahota buku (mabuk), reporter cilik, program beasiswa dan kolaborasi, serta kegiatan literasi lainnya. Program kegiatan inovatif TBM ‘Sigupai Mambaco’ berdampak terhadap literasi masyarakat dengan mengembangkan literasi dasar yang mencakup literasi baca-tulis, numerik, sains, digital, finansial, dan budaya-kewargaan, serta berhasil memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya anak-anak, dibuktikan dengan prestasi anak-anak mendapatkan nilai bagus disekolah, aktif dalam menulis, bercerita dan menghasilkan karya tulis di media sosial, serta ikut dalam berbagai kompetisi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
000 Computer Science, Information and System > 002 The Book
000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi
200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Nindika Fatmia Nindi
Date Deposited: 06 Jan 2023 02:46
Last Modified: 06 Jan 2023 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25195

Actions (login required)

View Item
View Item