Penerapan Metode Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas Ii MIN 3 Kota Banda Aceh

Dinni Safira, 180209096 (2022) Penerapan Metode Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas Ii MIN 3 Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Metode Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas Ii  MIN 3 Kota Banda Aceh] Text (Penerapan Metode Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas Ii MIN 3 Kota Banda Aceh)
Dinni Safira, 180209096, FTK, PGMI, 081265310412.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Salah satu upaya guru untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa adalah dengan memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Salah satunya adalah metode pembelajaran scramble merupakan suatu metode pembelajaran yang berbentuk permainan acak kata, kalimat, atau paragraf untuk melatih pengembangan dan peningkatan wawasan pemikiran kosakata. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis aktivitas guru dalam penerapan metode pembelajaran scramble, (2) untuk menganalisis aktivitas siswa dalam penerapan metode pembelajaran scramble, dan untuk menganalisis peningkatan kemampuan membaca siswa dalam penerapan metode scramble pada pembelajaran tematik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II MIN 3 Banda Aceh yang terdiri dari 37 siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), data yang dikumpulkan melalui (1) Lembar observasi aktivitas guru, (2) Lembar observasi aktivitas siswa dan (3) Lembar observasi kemampuan membaca siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis data penelitian didapatkan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor persentase 77,38% berada pada kategori baik, kemudian meningkat pada siklus II dengan skor persentase 96,59% berada pada kategori sangat baik, (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor persentase 72,62% berada pada kategori baik, kemudian meningkat pada siklus II dengan skor persentase 94,32% dengan kategori sangat baik dan (3) Kemampuan membaca siswa pada siklus I memperoleh skor persentase 65,95% berada pada kategori cukup, kemudian meningkat pada siklus II dengan skor persentase 86,62% berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran scramble pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan kemampuan membaca siswa kelas II MIN 3 Kota Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Scramble, Kemampuan Membaca, Pembelajaran Tematik
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dinni Safira Dinni
Date Deposited: 05 Jan 2023 02:54
Last Modified: 05 Jan 2023 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25197

Actions (login required)

View Item
View Item