Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Pada Materi Teorema Pythagoras Siswa Kelas VIII MTsS Darussyariah Banda Aceh

Rahman Anas, 261020708 (2017) Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Pada Materi Teorema Pythagoras Siswa Kelas VIII MTsS Darussyariah Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang penemuan terbimbing)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS SISWA KELAS VIII MTsS D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang sering terjadi disekolah selama ini kurang memberikan kesempatan bagi siswa untuk menemukan pemahamannya secara mandiri. Hal ini berakibatsiswa merasa jenuh dan bosan dengan pembelajaran karena pembelajarannya tidak bervariasi sehingga berpengaruh negatif terhadap hasil belajar mereka.Diantara materi matematika yang sulit dipelajari adalah pokok bahasan Teorema Pythagoras. Karena pokok bahasan ini sering digunakan dalam topik geometri dan juga trigonometri.Salah satu model pembelajaran yang melibatkan siswa aktif adalah model pembelajaran penemuan terbimbing. Modelini selain dapat mengembangkan kemampuan kognitif siswa, juga dapat mengaktifkan dalam menemukan suatu konsep-konsep baru secara mandiri sementara guru hanya sebagai faliditasi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing pada materi teorema pythagoras dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTsS Darussyariah Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTsSDarussyariah yang berjumlah 142 siswa, sementara sampel diambil hanya siswa kelas VIII-1dan siswa kelas VIII-2yang masing-masing berjumlah27 siswa dan 25 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tulis yang terdiri dari pretest dan postest terhadap kelas eksperimen dan kelas kontrol. Datanilaipostest dianalisis dengan menggunakan uji-t, dari hasil pengolahan data tersebut diperoleh t_hitung>t_tabelyaitu 2,83> 1,68. Hasil analisis data pada taraf signifikan α = 0,5 menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi teorema pythagoras yang diajarkan dengan penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajarkan tanpa penerapan model pemebelajaran penemuan terbimbing. Dalam penelitian ini, peneliti juga mengamatikhusus pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan aktivitas siswa selama pembelajaran penemuan terbimbing.Kedua hasil pengamatan tersebut dianalis dengan statistik deskriptif sehinga meunjukkan hasil dari pengamatan tersebut dapat dikatagorikan dalam kelompok aktif dan baik. Sementara siswa memberikan respon sangat positif dalam penerapan model penemuan terbimbing ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Lukman Ibrahim, M.Pd. Pembimbing II : Budi Azhari, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Penemuan Terbimbing, Kemampuan Penalaran Matematika, Ketuntasan Belajar
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: S.Pd Rahman Anas M.ikhwan
Date Deposited: 09 Aug 2017 10:30
Last Modified: 09 Aug 2017 10:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/252

Actions (login required)

View Item View Item
TOP