Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Model POE (Predict Observe Explain) pada Materi Gelombang Mekanik di Sman 7 Banda Aceh

Nabila Khairunisa, 170204029 (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Model POE (Predict Observe Explain) pada Materi Gelombang Mekanik di Sman 7 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Model POE (Predict Observe Explain) pada Materi Gelombang Mekanik di Sman 7 Banda Aceh] Text (Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Model POE (Predict Observe Explain) pada Materi Gelombang Mekanik di Sman 7 Banda Aceh)
Nabila Khairunisa, 170204029, FTK, PFS, 085361209520.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Kurangnya ketersediaan bahan ajar khusus modul pembelajaran berbasis POE (Predict Observe Explain), sehingga peneliti tertarik melakukan penelitian yang berjudul Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Model POE (Predict Observe Explain) pada Materi Gelombang Mekanik di SMAN 7 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk; mengembangkan modul pembelajaran pada materi gelombang mekanik dan mengetahui bagaimana respon peserta didik terhadap modul pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model 4-D dan dibatasi dengan tidak mengikuti tahap Dessiminate atau penyebaran. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan ini yaitu pendefinisian dengan langkah studi pendahuluan, desain produk, pengembangan produk dan penyebaran produk. Instrumen penelitian pada penelitian ini yaitu lembar validasi dan angket peserta didik. Lembar validasi tersebut diisi oleh ahli materi dengan 5 aspek dan ahli media dengan 3 aspek disusun dalam bentuk centang. Data angket yang diisi oleh peserta didik memiliki 12 pernyataan juga disusun dalam bentuk centang. Data penelitian yang didapatkan lalu dianalisis dengan menggunakan persentase, dan kelayakan modul yang didapatkan dari para ahli materi mendapat nilai persentase % dengan kategori sangat layak dan penilaian terkait desain dari ahli media mendapat nilai persentase % dengan kategori sangat layak. Respon dari peserta didik sangat positif terkait keefektifan modul pada saat melakukan uji coba produk yang mendapat nilai rata-rata yaitu % dengan kategori tertarik. Terkait pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaram berbasis model POE pada materi gelombang mekanik layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Nabila Khairunisa Nabila
Date Deposited: 06 Jan 2023 02:04
Last Modified: 06 Jan 2023 02:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25222

Actions (login required)

View Item
View Item