Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Melalui Media Puzzle di Kelas V MIN 2 Kota Banda Aceh

Robi Rianda, 201223405 (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Melalui Media Puzzle di Kelas V MIN 2 Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Pembelajaran)
robi rianda.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa sangat berpengaruh pada penyampaian pembelajaran dan cara pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan, dalam pembelajaran dibutuhkan media pendukung untuk menunjang keberhasilan belajar. salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran yaitu media puzzle. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran IPA menggunakan media puzzle. Bagaimana hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan media puzzle. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu perecanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data tentang kegiatan pembelajaran di kelas diperoleh dari pengamatan guru dalam mengelola pembelajaran, dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan kriteria aktivitas yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran menggunakan media puzzle pada siklus I dengan nilai rata-rata 69,23% (baik), sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 88,33% (sangat baik), adapun aktivitas siswa saat dilaksanakan pembelajaran menggunakan media puzzle pada siklus I dengan nilai 67,69% (baik), sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 85,0% (sangat baik). Hasil belajar siswa yang diperoleh menggunakan media puzzle pada pembelajaran IPA yaitu, siklus I memperoleh nilai rata-rata 68,18% dan nilai tersebut belum tuntas karena belum mencapai KKM yang ditetapkan MIN 2 kota Banda Aceh, sedangkan pada siklus II penggunaan media puzzle dalam pembelajaran menunjukan sebanyak 38 siswa dengan nilai rata-rata 86,36% sudah mencapai KKM dan 6 siswa belum mencapai ketuntasan minimum. Berdasarkan hasil analisi data dapat disimpulkan bahwa penggunaan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V MIN 2 kota Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Wati Oviana, M. Pd;NIP.198110182007102003 2. Daniah, S.Si,. M. Pd;NIP.197907162007102002
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Media Puzzle
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Robi Rianda
Date Deposited: 14 Feb 2018 09:12
Last Modified: 14 Feb 2018 09:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2524

Actions (login required)

View Item View Item
TOP