Keanekaragaman Jenis Ikan Di Krueng Panga Sebagai Referensi Tambahan Pada Materi Kingdom Animalia Di SMA Negeri 1 Panga Aceh Jaya

Reska Mawar Sandi, 160207019 (2022) Keanekaragaman Jenis Ikan Di Krueng Panga Sebagai Referensi Tambahan Pada Materi Kingdom Animalia Di SMA Negeri 1 Panga Aceh Jaya. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Keanekaragaman Jenis Ikan Di Krueng Panga Sebagai Referensi Tambahan Pada Materi Kingdom Animalia  Di SMA Negeri 1 Panga Aceh Jaya] Text (Keanekaragaman Jenis Ikan Di Krueng Panga Sebagai Referensi Tambahan Pada Materi Kingdom Animalia Di SMA Negeri 1 Panga Aceh Jaya)
Reska Mawar Sandi, 160207019, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Ikan merupakan salah satu hewan yang hidup di perairan. Krueng Panga memiliki potensi kehidupan ikan yang beranekaragam. Keanekaragaman jenis ikan merupakan hal baru dalam penelitian ilmiah di SMA Negeri 1 Panga. Kurangnya referensi dalam proses pembelajaran di SMAN 1 Panga merupakan salah satu penyebab ketidaktertarikan siswa dan kurang tahu akan dunia hewan terutama pada materi Kingdom Animalia yaitu ikan (Pisces). Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengidentifikasi jenis-jenis ikan yang terdapat di Krueng Panga, 2) untuk mengidentifikasi tingkat keanekaragaman jenis ikan yang terdapat di Krueng Panga. 3) untuk mengkaji hasil kelayakan media pembelajaran untuk sekolah SMA Negeri 1 Panga. 4) untuk melihat respon siswa terhadap media pembelajaran Booklet di SMA Negeri 1 Panga. Penelitian keanekaragaman jenis ikan menggunakan metode survey explorative dan pengambilan sampel secara purposive sampling. Analisis data untuk melihat indeks keanekaragaman menggunakan rumus teori Sahnon – Wienner (Ĥ) Ĥ = -∑ pi ln pi. Hasil penelitian menunjukan bahwa jumlah jenis ikan yang terdapat di Krueng Panga Aceh Jaya terdiri dari 23 spesies (jenis) dari 17 famili, dengan indeks keanekaragaman adalah 2.4572 (Ĥ) dengan kategori Sedang. Ikan yang paling banyak didapati ialah Rasbora argyrotaenia dengan jumlah 73 individu dan Barbonymus gonionotus dengan jumlah 50 individu, yang paling sedikit di jumpai adalah Anguilla marmorata dengan jumlah 1 individu. Media hasil penelitian dibuat dalam bentuk Booklet, dengan persentase uji kelayakan kevalidan media Booklet secara keseluruhan diperoleh persentase 82% dengan kriteria Sangat Layak. Hasil respon siswa diperoleh total persentase yaitu 93% dengan kriteria Sangat Menarik Hasil persentase tersebut membuktikan bahwa Booklet layak direkomendasikan sebagai salah satu media pembelajaran agar dapat membantu siswa SMA Negeri 1 Panga dalam mencapai tujuan pembelajaran pada materi Kingdom Animalia kelas Pisces.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Reska Mawar Sandi Mawar
Date Deposited: 06 Jan 2023 03:36
Last Modified: 06 Jan 2023 03:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25253

Actions (login required)

View Item
View Item