Penerapan Model Project Based Learning Dengan Media Tiga Dimensi Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII Di SMP 1 Baitussalam

Putri Balqis, 180207120 (2022) Penerapan Model Project Based Learning Dengan Media Tiga Dimensi Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII Di SMP 1 Baitussalam. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Project Based Learning Dengan Media Tiga Dimensi Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem  Pencernaan Manusia Kelas VIII Di SMP 1 Baitussalam] Text (Penerapan Model Project Based Learning Dengan Media Tiga Dimensi Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII Di SMP 1 Baitussalam)
Putri Balqis, 180207120, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Kurangnya penggunaan media dan penerapan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran di kelas VIII SMP 1 Baitussalam, merupakan salah satu faktor yang menyebabkan kurangnya kreativitas siswa ketika belajar dan menurunnya hasil belajar siswa, Maka perlu diterapkannya model pembelajaran berbasis kooperatif seperti model Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas dan meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model Project Based Learning dengan media tiga dimensi pada materi Sistem Pencernaan Manusia di kelas VIII di SMP 1 Baitussalam. Penelitian ini menggunakan metode Pre-eksperimen.menggunakan one group pre test dan post test. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar penilaian proyek dan soal pre test dan post test.instrumen pengumpulan data menggunakan rubrik penilaian proyek. Teknik analisis data kreativitas belajar siswa menggunakan rumus persentase dan hasil belajar dianalisis menggunakan N-gain dan Uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata persentase kreativitas kelompok siswa dalam pembelajaran yaitu 87,80% dengan krikteria sangat kreatif. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan kategori tinggi yaitu 0,75. Berdasarkan analisis uji korelasi yang digunakan untuk melihat hubungan kreativitas dengan hasil belajar terdapat nilai yang signifikan sig (2-tailed) sebesar 0,03<0,05 hal tersebut dapat dikatakan terdapa hubungan antara kreativitas siswa dengan hasil belajar Hasil uji t diperoleh thitung >ttabel yaitu 4,265 >1,729 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning dengan media tiga dimensi, dapat menjadikan kreativitas siswa sangat kreatif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan Manusia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Putri Balqis Putri
Date Deposited: 06 Jan 2023 03:37
Last Modified: 06 Jan 2023 03:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25256

Actions (login required)

View Item
View Item