Pengaruh Model Learning Cycle Dengan Media Maket Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Materi Sel Di MAS Darul Syuhada Aceh Selatan

Badriyah, 16020727 (2022) Pengaruh Model Learning Cycle Dengan Media Maket Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Materi Sel Di MAS Darul Syuhada Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Model Learning Cycle Dengan Media Maket Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Aktivitas Belajar  Peserta Didik Pada Materi Sel  Di MAS Darul Syuhada Aceh Selatan] Text (Pengaruh Model Learning Cycle Dengan Media Maket Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Materi Sel Di MAS Darul Syuhada Aceh Selatan)
Badriyah, 160207027, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Proses pembelajaran di MAS Darul Syuhada Aceh Selatan menggunakan metode konvensional dan media yang digunakan hanya berupa buku, sehingga kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar peserta didik menjadi rendah. Cara untuk mengatasi permasalahan ini yaitu dengan penggunaan model dan media yang sesuai seperti model Learning Cycle 5E dengan media maket. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Learning Cycle 5E dengan media maket terhadap kemampuan berpikir kritis dan mendeskripsikan aktivitas peserta didik pada materi sel di MAS Darul Syuhada Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan pre-experiment dengan bentuk one group pretest posttest design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MAS Darul Syuhada, pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu soal dan lembar observasi. Hasil analisis kemampuan berpikir kritis peserta didik diperoleh 15,7 dan 1,75 sehingga ditolak dan diterima. Analisis aktivitas belajar peserta didik diperoleh nilai rata-rata setiap indikator pada pertemuan pertama 58,7% dengan kategori kurang aktif sedangkan pada pertemuan kedua diperoleh 82,48% dengan kategori aktif. Kesimpulan dari penelitian ini model Learning Cycle 5E dengan media maket berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dan aktivitas belajar mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Badriyah Bad
Date Deposited: 06 Jan 2023 03:23
Last Modified: 06 Jan 2023 03:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25258

Actions (login required)

View Item
View Item