Pengembangan Bahan Ajar E-Magazine Berbasis Nilai-Nilai Qur’ani Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di SMA

Sonia Putri Karina, 180207041 (2022) Pengembangan Bahan Ajar E-Magazine Berbasis Nilai-Nilai Qur’ani Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di SMA. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Bahan Ajar E-Magazine Berbasis Nilai-Nilai Qur’ani  Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di SMA] Text (Pengembangan Bahan Ajar E-Magazine Berbasis Nilai-Nilai Qur’ani Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di SMA)
Sonia Putri Karina, 180207041, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Media yang digunakan oleh pendidik di SMAN 1 Samalanga masih kurang menanamkan nilai Alquran dan guru hanya menggunakan buku paket dan slide power point sebagai media pada proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar e-magazine berbasis nilai-nilai Qur’ani pada materi keanekaragaman hayati di SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), model rancangan penelitian 4D (four-D model) meliputi tahapan define, design, develop dan dessimination. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang ahli media, 1 orang ahli materi, 1 orang ahli tafsir dan 20 peserta didik kelas X SMAN 1 Samalanga. Objek dalam penelitian ini adalah kelayakan media, materi, tafsir serta respon peserta didik terhadap bahan ajar e-magazine. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar angket untuk uji kelayakan media, lembar uji kelayakan materi, lembar uji kelayakan tafsir dan respon siswa. Analisis data kelayakan dan respon siswa menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian pengembangan bahan ajar e-magazine untuk uji kelayakan menunjukkan nilai persentase 87,5% dengan kategori sangat layak. Respon siswa terhadapa e-magazine berbasis nilai-nilai qurani pada materi keanekaragaman hayati menunjukkan nilai persentase 91,1% dengan kategori sangat tertarik. Berdasarkan hasil uji kelayakan produk serta respon siswa yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-magazine berbasis nilai-nilai Qurani pada materi keanekragaman hayati layak digunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Sonia Putri Karina Sonia
Date Deposited: 06 Jan 2023 03:17
Last Modified: 06 Jan 2023 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25267

Actions (login required)

View Item
View Item