Pengembangan Prototipe Robot Berbasis Sensor Untuk Pengantar Makanan Otomatis

Muhammad Fauzan, 180211086 (2023) Pengembangan Prototipe Robot Berbasis Sensor Untuk Pengantar Makanan Otomatis. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Prototipe Robot Berbasis Sensor Untuk Pengantar Makanan Otomatis] Text (Pengembangan Prototipe Robot Berbasis Sensor Untuk Pengantar Makanan Otomatis)
Muhammad Fauzan, 180211086, FTK, PTE, 082260578487.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Proses pengantaran makanan pada rumah makan di Indonesia umumnya masih menggunakan sistem manual dan sering terjadi antrian yang panjang diwarung-warung pada saat waktu makan siang, apalagi jika ada karyawan yang tidak masuk atau sakit. Hal ini membuat pelanggan harus menunggu cukup lama untuk bisa mendapatkan makanan. Dari permasalahan diatas peneliti berinisiatif untuk membuat sebuah prototipe robot yang dapat mengantarkan makanan secara otomatis sehingga meringankan kerja para pelayan dalam mengantarkan makanan ke konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode prototipe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa robot akan akan bergerak ke meja tujuan dengan cara memilih menu yang tersedia pada tampilan LCD Keypad Shield. Setelah salah satu menu dipilih lalu tekan tombol right pada menu lcd sampai keluar tampilann Red Table On jika dipilih warna merah. Kemudian robot akan bergerak menuju meja tujuan sesuai inputan data yang diberikan. Apabila pesanan sudah siap diantar maka robot secara otomatis akan kembali ke tempat semula. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa prototipe yang dibuat berjalan dengan baik serta memudahkan para pelaku usaha atau rumah makan dalam mengantarkan pesanan ke meja konsumen.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Prototipe, Rumah Makan, LCD Keypad Shield, Robot
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Muhammad Fauzan
Date Deposited: 06 Jan 2023 03:32
Last Modified: 06 Jan 2023 03:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25274

Actions (login required)

View Item
View Item