Penerapan Metode Penghafalan Melalui Audio Visual Terhadap Kemampuan Menghafal Surah Pendek di TPA Mahabbatul Ihsan Seruway Aceh Tamiang

Sri Fitriana Muja, 180201076 (2022) Penerapan Metode Penghafalan Melalui Audio Visual Terhadap Kemampuan Menghafal Surah Pendek di TPA Mahabbatul Ihsan Seruway Aceh Tamiang. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Metode Penghafalan Melalui Audio Visual Terhadap Kemampuan] Text (Penerapan Metode Penghafalan Melalui Audio Visual Terhadap Kemampuan)
Sri Fitriana Muja, 180201076, FTK, PAI, 082273905810.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Banyak metode serta media yang dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran termasuk di dalamnya untuk menghafal al-Quran. Penelitian ini akan difokuskan pada penerapan metode dan media yang dimanfaat ke dalam kegiatan menghafal al-Quran. Salah satu media yang digunakan adalah media audio visual. Penggunaan media dalam pembelajaran sudah diyakini bahwa memiliki dampak yang sangat baik, namun dalam penghafalan al-Quran masih cukup jarang digunakan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) adakah peningkatan kemampuan menghafal setelah menggunakan media audio visual. 2) seperti apa respon peserta didik terhadap metode menghafal menggunakan audio visual. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa peningkatan kemampuan menghafal menggunakan media audio visual, serta melihat bagaimana tanggapan peserta didik dalam menggunakan media audio visual. Untuk menyelesaikan permasalahan di atas digunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre experimental design melalui pendekatan one group pretest-posttest design. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dalam menerapkan metode penghafalan menggunakan audio visual. Hasil hipotesis yang didapat adalah t_hitung > t_tabel atau 8.72 > 2.262 maka terjadilah penolakan terhadap H_o dan penerimaan terhadap H_a. Sedangkan respon peserta didik dalam penggunaan audio visual dapat dikategorikan baik dengan persentasenya mencapai 86%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode penghafalan melalui audio visual dapan meningkatkan kemampuan hafalan di TPA Mahabbatul Ihsan.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Marzuki, S.Pd.I, M.S.I. 2. Imran, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Penelitian Eksperimen, Media Audio Visual, Kemampuan Menghafal
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sri Fitriana Muja Sri
Date Deposited: 06 Jan 2023 03:20
Last Modified: 06 Jan 2023 03:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25275

Actions (login required)

View Item
View Item