Kontribusi Guru BK untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik di MTsS Ruhul Amin Aceh

Nadiatul Asra, 180213096 (2022) Kontribusi Guru BK untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik di MTsS Ruhul Amin Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kontribusi Guru BK untuk Mengatasi Kesulitan Belajar] Text (Kontribusi Guru BK untuk Mengatasi Kesulitan Belajar)
Nadiatul Asra, 180213096, FTK, BK, 082234387487.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)

Abstract

Kesulitan belajar yaitu suatu keadaan dimana siswa tidak dapat belajar sebagaimana mestinya yang disebabkan oleh hambatan atau gangguan dalam proses pembelajaran sehingga siswa tidak mencapai hasil belajar yang diharapkan. Kesulitan belajar yang di alami siswa yaitu kesusahan dalam menyimpan informasi atau menyimpan materi yang di sampaikan oleh guru. Siswa mengalami kesulitan menyimpan informasi ini semenjak SD. Kemudian, ada juga siswa yang sulit menangkap informasi. Sejak dulu dia sangat sulit memahami informasi yang diterima apabila ia tidak mampu menggambarkan atau membayangkan hal tersebut, meskipun menggunakan bahasa yang sederhana. Penjelasan yang tidak mampu di gambarkan selalu membuat siswa tersebut bingung dan seolah-olah kata yang digunakan itu bukan bahasa yang sering digunakan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana kontribusi guru BK dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di MTsS Ruhul Amin Aceh. Jenis penelitian ini adalah kualitatif menggunakan metode observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsS yang di dapatkan dari hasil observasi dan wawancara dari guru BK. Setelah memperoleh data, selanjutnya data di rangkumkan. Hasil penelitian menunjukkan kontribusi guru BK dalam mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu dengan cara melakukan observasi dahulu terhadap siswa yang mengalami kesulitan belajar. Data di peroleh dari jadwal guru BK melakukan klasikal di kelas, dengan adanya klasikal maka akan memudahkan guru mengetahui siswa yang mengalami kesulitan belajar. Kontribusi yang dilakukan guru BK yaitu melakukan komunikasi yang baik dengan personel lainnya, melakukan konferensi kasus dan memberikan motivasi belajar kepada siswa. Penelitian ini dapat dijadikan bahan rujukan bagi penelitian selanjutnya terkait pembahasan mengenai kesulitan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Fakhri, M. Ed 2. Muslima, S.Ag, M. Ed
Uncontrolled Keywords: Kontribusi Guru BK, Kesulitan Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Nadiatul Asra Asra
Date Deposited: 06 Jan 2023 03:22
Last Modified: 06 Jan 2023 03:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25279

Actions (login required)

View Item
View Item