Perbandingan Kepercayaan Diri Mahasiswa Dalam Memasuki Dunia Kerja Ditinjau Dari Jenis Kelamin Laki-Laki Dan Perempuan Pada Prodi Pengembangan Masyarakat Islam UIN Ar- Raniry

Silvia Fitri, 180402092 (2023) Perbandingan Kepercayaan Diri Mahasiswa Dalam Memasuki Dunia Kerja Ditinjau Dari Jenis Kelamin Laki-Laki Dan Perempuan Pada Prodi Pengembangan Masyarakat Islam UIN Ar- Raniry. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Perbandingan Kepercayaan Diri Mahasiswa Dalam Memasuki Dunia Kerja Ditinjau Dari Jenis Kelamin Laki-Laki Dan Perempuan Pada Prodi Pengembangan Masyarakat Islam UIN Ar- Raniry] Text (Perbandingan Kepercayaan Diri Mahasiswa Dalam Memasuki Dunia Kerja Ditinjau Dari Jenis Kelamin Laki-Laki Dan Perempuan Pada Prodi Pengembangan Masyarakat Islam UIN Ar- Raniry)
Silvia Fitri, 180402092, FDK, BKI, 085236139963.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Percaya diri merupakan unsur terpenting bagi keberhasilan seseorang dalam hidup. Kepercayaan diri akan menjadi modal dasar bagi seseorang dalam memenuhi segala kebutuhan. Percaya diri akan menjadi kekuatan yang dimiliki seseorang dalam memenuhi kebutuhan, yang pada akhirnya akan menumbuhkan rasa bahagia atas keberhasilannya. Percaya diri merupakan satu pokok penting dalam kepribadian manusia. Berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan yaitu, kurangnya kepercayaan diri terjadi kepada mahasiswa baik itu laki-laki maupun perempuan dalam menghadapi dunia kerja. Penelitian ini dapat mempermudah dalam mengetahui persentase perbandingan kepercayaan diri khususnya pada mahasiswa Prodi Pengembangan Masyarakat Islam UIN Ar-Raniry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase perbandingan kepercayaan diri dalam memasuki dunia kerja. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan sampel penelitian sebanyak 44 responden yang merupakan mahasiswa Prodi Pengembangan Masyarakat Islam UIN Ar-Raniry. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu tidak ada perbandingan kepercayaan diri antara laki-laki dan perempuan dalam memasuki dunia kerja ditunjukkan dengan nilai Z= -1.887 dengan taraf signifikansi 0.059 (p>0.05), dengan nilai Mean dari mahasiswa laki-laki yaitu, 19.46 dan nilai Mean dari mahasiswa perempuan yaitu, 26.89 ; p= 0.059. Untuk kesimpulan menyatakan bahwa tingkat kepercayaan diri mahasiswa perempuan lebih tinggi dibandingkan dengan kepercayaan mahasiswa laki-laki. Namun, dalam keputusan akhir hipotesis ditolak berdasarkan hasil nilai signifikansi 0.059 (p >0.05).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Silvia Fitri
Date Deposited: 06 Jan 2023 03:32
Last Modified: 06 Jan 2023 03:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25280

Actions (login required)

View Item
View Item