Penggunaan Fintech Syariah Melalui Pinjaman Online Terhadap Aplikasi Dana Syariah Untuk Modal Usaha Perspektif Fiqh Muamalah (Suatu Penelitian Di Kota Banda Aceh)

Raza Darma Putra, 160102146 (2022) Penggunaan Fintech Syariah Melalui Pinjaman Online Terhadap Aplikasi Dana Syariah Untuk Modal Usaha Perspektif Fiqh Muamalah (Suatu Penelitian Di Kota Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penggunaan Fintech Syariah Melalui Pinjaman Online Terhadap Aplikasi Dana Syariah Untuk Modal Usaha Perspektif Fiqh Muamalah] Text (Penggunaan Fintech Syariah Melalui Pinjaman Online Terhadap Aplikasi Dana Syariah Untuk Modal Usaha Perspektif Fiqh Muamalah)
Raza Darma Putra, 160102146, FSH, HES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat dan dikenal oleh masyarakat membawa kemudahan dan kecepatan dalam pengelolaan teknologi informasi bagi layanan bisnis termasuk dalam transaksi perjanjian yang mengikat pada pembiayaan Dana Syariah. Terkait pembiayaan yang dilakukan secara online pada Dana Syariah untuk memastikan akan kehalalannya sehingga terhindar dari unsur maisir, gharar dan riba. Dalam perjanjian untuk mengajukan pendanaan baik secara konvensional maupun melalui fintech Dana Syariah perlu adanya kesepakatan. Pertama bagaimana praktik pinjaman online melalui aplikasi dana syariah di Kota Banda Aceh?, kedua bagaimana perspektif fiqh muamalah terhadap pinjaman online melalui aplikasi dana syariah untuk modal usaha di Kota Banda Aceh?. Metode penelitian menggunakan deskriptif analisis dengan menggunakan data primer berupa wawancara langsung ke tempat instansi terkait (field research) menggunakan teknik wawancara dan observasi serta penelitian kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi PT. Dana syariah menggunakan akad perjanjian pembiayaan murabahah dalam menjalankan perjanjian pembiayaan pada produk Peer to Peer Lending (P2PL) bersama dengan penerimaan pembiayaan. Syarat pinjaman melalui aplikasi Dana Syariah yakni dengan cara melampirkan, biodata diri ( dengan umur minimal 18 tahun ), KTP, nomor rekening, no handphone, pilih jumlah pinjaman, pilih tenor pinjaman. Dalam PT. Dana Syariah Indonesia ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum mengajukan pinjaman dan membuat persyaratan bahwa penerima pinjaman harus mempertimbangkan tingkat bunga saat menjadi keanggotaan dana syariah, dimana pada saat akan mengembalikan pinjaman dana, dana tersebut akan lebih besar dari dana yang dipinjam sebelumnya. Persyaratan tersebut menunjukkan bahwasannya dokumen perjanjian keanggotaan dana syariah yang dibuat oleh pihak PT. Dana Syariah Indonesia mengandung unsur riba sehingga perjanjian tersebut tidak sesuai dengan ketentuan prinsip syariah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Raza Darma Putra Raza
Date Deposited: 06 Jan 2023 03:28
Last Modified: 06 Jan 2023 03:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25281

Actions (login required)

View Item
View Item