Kriteria Asnaf Gharimin Sebagai Mustahik Zakat Menurut Fiqih Islam (Kajian di Lembaga Zakat Selangor, Malaysia)

Muhammad Afiq bin Pahruddin, 170102217 (2023) Kriteria Asnaf Gharimin Sebagai Mustahik Zakat Menurut Fiqih Islam (Kajian di Lembaga Zakat Selangor, Malaysia). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kriteria Asnaf Gharimin Sebagai Mustahik Zakat Menurut Fiqih Islam (Kajian di Lembaga Zakat Selangor, Malaysia)] Text (Kriteria Asnaf Gharimin Sebagai Mustahik Zakat Menurut Fiqih Islam (Kajian di Lembaga Zakat Selangor, Malaysia))
Muhammad Afiq Bin Pahruddin, 170102217, FSH, HES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Asnaf gharimin adalah kategori dalam Islam yang menggambarkan orang yang memiliki kebutuhan mendesak, tetapi tidak memiliki kemampuan untuk memenuhinya. Kenyataan di Malaysia, piutang sudah menjadi suatu budaya. Banyak faktor yang menyebabkan seseorang melakukan hutang, baik karena kebutuhan maupun untuk keinginan. Selain itu, ada juga yang terbebani utang dalam hal-hal seperti pendidikan, modal usaha dan lain-lain lagi. Melihat budaya yang telah menyebar di masyarakat, maka persoalan ini perlu dikaji dari segi kemaslahatan yang terbagi menjadi tiga kategori, yaitu al-daruriyat, al-hajiyat dan at-tahsiniyat. Maka penulis ingin merumuskan permasalah berikut, yang pertama, apa saja faktor-faktor yang mendorong perumusan gharimin sebagai mustahik di Lembaga Zakat Selangor tersebut, kedua bagaimana strategi dan kriteria pendistribusian, serta yang ketiga bagaimana pendistribusian asnaf gharimin sebagai mustahik zakat. Maka dari tujuan penelitian tersebut dapat kita mengetahui dapat mengetahui faktor-faktor yang mendorong perumusan asnaf gharimin sebagai mustahik di Lembaga Zakat Selangor, kedua dapat mengetahui strategi dan kriteria gharimin dalam pendistibusian dan yang ketiga bagaimana pendistribusian asnaf gharimin sebagai mustahik zakat di Lembaga Zakat Selangor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif ataupun diskripsif kualitatif, di mana penulis mengumpulkan data-data atau informan dari hasil wawancara dan keterangan-keterangan terkait dengan suatu gejala yang ada sehingga dapat disimpulkan dengan fakta dan memperhatikan situs-situs lokasi penelitian dan alamiah. Lanjutnya memperolehi data, maka langkah selanjutnya adalah mengelola data-data tersebut menjadi penelitian. Maka dari hasil penelitian ini, Lembaga Zakat Selangor telah menetapkan beberapa kriteria dan strategi langkah untuk melayakkan kriteria asnaf menerima dana zakat yang telah menetapkan beberapa syarat perlu dipenuhi bagi asnaf gharimin untuk memerlukan bantuan. Hal ini diharapkan agar Lembaga Zakat Selangor dapat membantu meringankan beban dan menjaga kemaslahatan umat Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kriteria, al-gharimin, Mustahik Zakat
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Afiq Bin Pahruddin Afiq
Date Deposited: 06 Jan 2023 03:59
Last Modified: 06 Jan 2023 03:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25288

Actions (login required)

View Item
View Item