Perancangan Media Pembelajaran Menggunakan App Inventor Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Pada Siswa Kelas X di SMK Mahyal Ulum Al-Aziziyah Aceh Besar

Wesi Kenali Kemala Sirikit, 170212154 (2022) Perancangan Media Pembelajaran Menggunakan App Inventor Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Pada Siswa Kelas X di SMK Mahyal Ulum Al-Aziziyah Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Perancangan Media Pembelajaran Menggunakan App Inventor] Text (Perancangan Media Pembelajaran Menggunakan App Inventor)
Wesi Kenali Kemala Sirikit, 170212154, FTK, PTI, 0895321118535.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X di SMK Mahyal Ulum Al-Aziziyah Aceh Besar yang membahas mengenai ke efektivan serta kemenarikan dari media pembelajaran yang telah dirancang menggunakan Mit App Inventor. Kurang nya penggunaan media dalam proses pembelajaran membuat siswa cenderung bosan pada proses belajar dan mengajar. Dimana siswa hanya dapat melihat dan mengamati materi dan proses praktikum yang hanya didapat saat di sekolah. Dengan menggunakan media pembelajaran diharapkan siswa dapat menggulang-ngulang materi dan langkah-langkah praktikum dengan mudah. Rancangan media pembelajaran berbasis android ini dirancang menggunakan Mit App Inventor. Setelah proses perancangan selesai selanjutnya melakukan uji validasi pada ahli media dan ahli materi. Setelah proses validasi selesai selanjutnya melakukan uji efektivitas bagi siswa dan uji kemenarikan media pembelajaran yang telah dirancang dengan sampel 25 orang siswa kelas X studi TKJ di SMK Mahyal Ulum Al-Aziziyah Aceh Besar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa validasi ahli materi menunjukkan persentase sebesar 96,6% dikategorikan layak untuk digunakan. Hasil validasi media dengan persentase sebesar 93,4% yang masuk kedalam kategori sangat layak untuk digunakan. Hasil uji efektivitas dengan melakukan uji pre test dan post test menunjukkan hasil pada pre test dengan nilai rata-rata 63,2% yang termasuk kedalam kategori tidak baik, sedangkan hasil pada post test mendapatkan nilai rata-rata 79,6% yang artinya masuk kedalam kategori baik. Hasil respon siswa terhadap kemenarikan dari media pembelajaran telah dirancang memiliki persentase sebesar 3,86% yang artinya media sangat menarik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dirancang sangat layak untuk digunakan untuk memudahkan kegiatan pembelajaran siswa kelas X TKJ pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Wesi Kenali Kemala Sirikit Wesi
Date Deposited: 06 Jan 2023 04:12
Last Modified: 06 Jan 2023 04:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25292

Actions (login required)

View Item
View Item