Analisis Pengelolaan Sampah Berdasarkan Prinsip Kemaslahatan Untuk Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat di Kampung Jawa Kota Banda Aceh

Fenny Febrya, 180602200 (2022) Analisis Pengelolaan Sampah Berdasarkan Prinsip Kemaslahatan Untuk Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat di Kampung Jawa Kota Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Pengelolaan Sampah Berdasarkan    Prinsip   Kemaslahatan] Text (Analisis Pengelolaan Sampah Berdasarkan Prinsip Kemaslahatan)
Fenny Febrya, 180602200, FEBI, ES, 082213880338.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Kampung Jawa merupakan sebuah kampung yang berada di Kota Banda Aceh, dengan salah satu wilayah penghasil sampah terbanyak pertama di Aceh. Penumpukan sampah yang ada di kota Banda Aceh selanjutnya di bawa kekampung jawa sebagai salah satu kawasan pembungan akhir (TPA). Sampah yang ada di kampung Jawa sudah menjadi tumpukan yang sangat tinggi, sehingga sampah-sampah tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai upaya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat kampung Jawa. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengelolaan sampah dengan prinsip kemaslahatan dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat disekitar TPA kampung Jawa dan Bagaimana pandangan masyarakat Kampung Jawa terhadap pengelolaan sampah dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat disekitar TPA Kampung Jawa. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. lokasi penelitian dalam penelitian ini adalah di Gampong Jawa Kecamatan Kuta Raja, Banda Aceh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan sampah yang ada di Kampung Jawa berdasarkan prinsip kemaslahantan secara subjektif yang dapat menambah ekonomi dan pemasukan masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Fenny Febrya Fenny
Date Deposited: 06 Jan 2023 03:44
Last Modified: 06 Jan 2023 03:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25297

Actions (login required)

View Item
View Item