Analisis Bantuan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan Simpan Pinjam Kelompok Perempuam (PNPM-MP- SPP) Dalam Kemaslahatan Masyarakat Desa Garot Kec.Darul Imarah Aceh Besar.

Dinda Mardhatillah Saiful, 180602030 (2022) Analisis Bantuan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan Simpan Pinjam Kelompok Perempuam (PNPM-MP- SPP) Dalam Kemaslahatan Masyarakat Desa Garot Kec.Darul Imarah Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Bantuan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan Simpan Pinjam Kelompok Perempuam] Text (Analisis Bantuan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan Simpan Pinjam Kelompok Perempuam)
Dinda Mardhatillah Saiful, 180602030, FEBI, ES, 085370904471.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Masyarakat di Desa Garot mayoritasnya adalah ibu rumah tangga atau perempuan yang sering berada di rumah. Pemberdayaan masyarakat diarahkan untuk penanggulangan kemiskinan dan pengangguran, maka pemerintah meluncurkan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme bantuan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP-SPP) bagi Anggota Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPP) di Desa Garot, dan untuk mengetahui analisis bantuan PNPM-MP-SPP ini memberikan kemaslahatan kepada masyarakat Desa Garot Kecamatan Darul Imarah. Dilihat dari tiga indikator kemaslahatan yaitu kebutuhan Dharuriyat, kebutuhan Hajiyat, dan Kebutuhan Tahsiniyat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan metode penelitian lapangan (field research). Teknik analisis data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme bantuan PNPM-MP-SPP di Desa Garot melalui 4 tahap, yaitu 1) Membentuk kelompok, 2) Mengajukan Proposal, 3) Melakukan Verifikasi Kelompok, dan 4) Pencairan dana menggunakan akad Wakalah dan Murabahah. PNPM-MP-SPP dapat memberikan kemaslahatan atau kemanfaatan kepada masyarakat Desa Garot, karena dapat membantu ekonomi keluarga, serta menciptakan kreatifitas dengan membuka usaha bagi anggota SPP Desa Garot Kecamatan Darul Imarah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Dinda Mardhatillah Saiful Dinda
Date Deposited: 06 Jan 2023 03:44
Last Modified: 06 Jan 2023 03:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25298

Actions (login required)

View Item
View Item