Hubungan Antara Citra Raga Dengan Harga Diri Pada Siswa MAN 3 Kota Banda Aceh

Dinda Putri Nabila, 160901112 (2023) Hubungan Antara Citra Raga Dengan Harga Diri Pada Siswa MAN 3 Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda aceh.

[thumbnail of Hubungan antara citra raga dengan harga diri pada siswa MAN 3 Kota Banda Aceh] Text (Hubungan antara citra raga dengan harga diri pada siswa MAN 3 Kota Banda Aceh)
Full Skripsi TERBARU-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (23MB)

Abstract

Remaja pada usia 15-18 tahun mengalami banyak perubahan secara kognitif, sosial, berfikir lebih kompleks, secara emosional lebih sensitif, dan diusia remaja juga cenderung menghabiskan lebih banyak waktu dengan teman-temannya. Menurut Hurlock (1980) adapun salah satu tugas perkembangan masa remaja yaitu mampu menerima keadaan fisiknya dan remaja juga menyadari bahwa daya tarik fisik sangat berperan penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara citra raga dengan harga diri pada siswa MAN 3 Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik sampling yang digunkan dalam penelitian ini yaitu stratified random sampling dengan subjek penelitian berjumlah 221 siswa MAN 3 Kota Banda Aceh. Hipotesis dalam penelitian ini, yaitu ada hubungan antara citra raga dengan harga diri pada siswa MAN 3 Kota Banda Aceh. Kedua skala disusun berdasarkan skala likert dimana skala citra raga berjumlah 25 aitem dan skala harga diri berjumlah 29 aitem. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi person product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi r = 0,297 dengan signifikansi p = 0,000 (p < 0,05). Hasil lain diperoleh dari penelitian ini koefisien determinasi (r2) = 0,088 yang artinya terdapat 88,% pengaruh citra raga terhadap harga diri pada siswa MAN 3 Kota Banda Aceh. Sementara 91,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 379 Isu kebijakan publik menyangkut pendidikan
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Dinda Putri Nabila Nabila
Date Deposited: 06 Jan 2023 03:59
Last Modified: 06 Jan 2023 03:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25299

Actions (login required)

View Item
View Item