Analisi Pengaruh Kondisi Kualitas Lingkungan dan Kesehatan terhadap Kemiskinan di Provinsi Aceh dalam konsep Maqashid Syari’ah

Ulfaturrahmi, 180602134 (2022) Analisi Pengaruh Kondisi Kualitas Lingkungan dan Kesehatan terhadap Kemiskinan di Provinsi Aceh dalam konsep Maqashid Syari’ah. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Maqashid Syari’ah] Text (Maqashid Syari’ah)
Ulfaturrahmi, 180602134, FEBI, ES, 082235289574.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kondisi kualitas lingkungan dan kesehatan terhadap kemiskinan di Provinsi Aceh dalam konsep Maqashid Syari’ah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, data yang digunakan yaitu indeks kualitas lingkungan hidup, kesehatan dan persentase kemiskinan tahun 2017-2021 yang diperoleh dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Aceh, Badan Pusat Statistik Provinsi Aceh. Metode yang digunakan untuk menganalisis pengaruh kondisi kualitas lingkungan dan kesehatan terhadap kemiskinan di Provinsi Aceh adalah metode analisis regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Indeks Kualitas Lingkungan Hidup berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kemiskinan. Kesehatan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kemiskinan. Secara bersama-sama Indeks Kualitas Lingkungan Hidup dan Kesehatan berpengaruh signifikan terhadap Kemiskinan. Penelitian ini ditinjau dalam konsep Maqashi Syari’ah dimana dari unsur-unsur Maqashid Syari’ah indeks kebahagiaan meliputi pemeliharaan agama, harta, jiwa, akal dan keturunan berpengaruh terhadap kemiskinan yang meliputi pemeliharaan agama dan harta.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Ulfaturrahmi Ulfa
Date Deposited: 06 Jan 2023 03:54
Last Modified: 06 Jan 2023 03:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25303

Actions (login required)

View Item
View Item