Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Jenjang Sekolah Dasar Negeri Reusak Kabupaten Aceh Barat

Muhammad Afdhaluzzikri, 170212048 (2022) Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Jenjang Sekolah Dasar Negeri Reusak Kabupaten Aceh Barat. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia] Text (Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia)
Muhammad Afdhaluzzikri, 170212048, FTK, PTI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Aplikasi Canva adalah salah satu pendukung proses pembuatan media pembelajaran, dengan itu aplikasi Canva dapat mengembangkan media pembelajaran berbasis elektronik. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana pemanfaatan media pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan aplikasi canva di SDN Reusak. (2) Seberapa efektifkah media pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan aplikasi canva di SDN Reusak. Metode penelitian yang diambil adalah penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas, sosial, sikap, kebudayaan, persepsi, pemikiran orang secara individu, maupun kelompok. Penelitian kualitatif bersifat konduktif, yaitu permasalahan yang muncul dari data dibiarkan terbuka oleh peneleti. Subjek penelitian ini dilaksanakan di kelas II SD Negeri Reusak Kabupaten Aceh Barat. Instrumen penelitian ini menggunakan wawancara, angket, dan soal tes. Kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Dari hasil penelitian didapatkan desain media berbasis elektronik yaitu analisis kebutuhan, merancang, validasi dan revisi, dan uji coba serta implementasi. Adapun hasil uji efektifitas diperoleh dari validasi ahli media 95,38% kategori sangat layak, ahli materi 98% kategori sangat layak, uji coba siswa 92,31% menjawab sangat layak, kemudian hasil post-test dengan persentase klasikal 100% kategori sangat baik. Dengan demikian pemanfaatan aplikasi canva sebagai media pembelajaran berbasis elektronik sangat layak digunakan dalam meningkatkan minat baca siswa kelas II SD Negeri Reusak Kabupaten Aceh Barat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Muhammad Afdhaluzzikri Alul
Date Deposited: 06 Jan 2023 04:13
Last Modified: 06 Jan 2023 04:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25309

Actions (login required)

View Item
View Item