Keanekaragaman Karang Di Zona Sub Litoral Perairan Ulee Redeup Kecamatan Pulo Aceh Sebagai Referens Pembelajaran Ekologi Hewan

Alfizar Zaulya, 160207135 (2023) Keanekaragaman Karang Di Zona Sub Litoral Perairan Ulee Redeup Kecamatan Pulo Aceh Sebagai Referens Pembelajaran Ekologi Hewan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Keanekaragaman Karang Di Zona Sub Litoral Perairan Ulee Redeup Kecamatan Pulo Aceh Sebagai Referens Pembelajaran Ekologi Hewan] Text (Keanekaragaman Karang Di Zona Sub Litoral Perairan Ulee Redeup Kecamatan Pulo Aceh Sebagai Referens Pembelajaran Ekologi Hewan)
Alfizar Zaulya, 160207135, FTK, PBL, 082361780044.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Kendala yang dialami oleh mahasiswa/i yang telah mengambil mata kuliah ekologi hewan adalah belum mampu membedakan antara individu dengan populasi atau koloni dari karang, dikarenakan keterbatasan bahan referensi tentang karang, maka dari itu perlu adanya referensi berupa buku saku dan vidio dokumenter. Tujuan penelitian ini yaitu, untuk mengetahui indeks keanekaragaman karang, kondisi terumbu karang di zona sub litoral perairan Ulee Redeup Kecamatan Pulo Aceh dan mengetahui bagaimana hasil penelitian keanekaragaman karang di zona sub litoral perairan Ulee Redeup Kecamatan Pulo Aceh dijadikan sebagai referensi pembelajaran Ekologi Hewan. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu dengan cara pengamatan langsung pada lokasi pengamatan dan secara non destructive sampling atau tidak merusak terumbu dan habitat karang, dengan menggunakan metode Line Transek. Hasil penelitian diketahui bahwa jumlah keseluruhan diperoleh 12 spesies dan 79 individu karang. Indeks keanekaragam karang sebesar H = 2,28 tergolong kategori sedang. Kondisi terumbu karang di Perairan Ulee Redeup termasuk kategori sedang dan rusak. Pemanfaatan hasil penelitian ini dimanfaatkan sebagai pengembangan referensi dalam bentuk buku saku dan vidio dokumenter. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diambil kesimpulan indeks keanekaragaman karang di zona sub litoral perairan Ulee Redeup kecamatan Pulo Aceh tergolong sedang. Kondisi terumbu karang tergolong sedang dan rusak. Hasil penelitian keanekaragaman karang diaplikasikan ke mata kuliah Ekologi Hewan secara teoritis dalam bentuk buku saku sebagai referensi pembelajaran dan video dokumenter sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Indeks Keanekaragaman, Terumbu Karang, Zona Sub Litoral, Ulee Redeup, Media Pembelajaran.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Alfizar zaulya Alfizar
Date Deposited: 06 Jan 2023 04:19
Last Modified: 06 Jan 2023 04:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25310

Actions (login required)

View Item
View Item