Penerapan Model Pembelajaran Sqar Untuk Meningkatkan Aktivitas Verbal Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaandi Mtss Darul Hikmah Aceh Besar

Nana Yunisa, 170207104 (2023) Penerapan Model Pembelajaran Sqar Untuk Meningkatkan Aktivitas Verbal Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaandi Mtss Darul Hikmah Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Sqar Untuk Meningkatkan Aktivitas Verbal Dan Hasil  Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaandi Mtss Darul  Hikmah  Aceh Besar] Text (Penerapan Model Pembelajaran Sqar Untuk Meningkatkan Aktivitas Verbal Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaandi Mtss Darul Hikmah Aceh Besar)
Nana Yunisa, 170207104, FTK, PBL, 081269511464.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Minimnya perbendaharaan kata-kata yang diketahui oleh siswa MTsS Darul Hikmah Aceh Besar sangat berpengaruh terhadap proses dan hasil belajar, mengingat dalam pembelajaran terdapat banyak istilah-istilah dan kosa kata baru yang harus diketahui oleh siswa. Seperti hal nya pelajaran biologi salah satunya pada materi sistem pencernaan yang banyak terdapat istilah baru yang harus dipahami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar dan aktifitas verbal siswa terhadap materi sistem pencernaan manusia dengan model pembelajaran SQ4R. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan yang digunakan yaitutrue experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTsS Darul Hikmah Aceh Besar tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri atas 3 kelas. Sampel penelitian terdiri dari kelas VIII.2 yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIII.3 yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen.Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan alat tes berupa soal.Teknik analisis data pada aktivitas verbal siswa menggunakan rumus presentase sedangkan analisis hasil belajar siswa melalui uji t.Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa Nilai thitung yang diperoleh 13,847 sedangkan ttabel = 2,021) pada taraf signifikan 0,05. Hasil aktivitas verbal siswa pada kelas kontrol dengan nilai 75% dengan kategori cukup, sedangkan kelas eksperimen dengan nilai 83% dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran SQ4R berpengaruh pada aktivitas verbal dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran SQ4R, Aktivitas Verbal, Hasil Belajar, Materi Sistem Pencernaan
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Nana Nana Yunisa
Date Deposited: 06 Jan 2023 04:22
Last Modified: 06 Jan 2023 04:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25313

Actions (login required)

View Item
View Item