Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP

Juliana, 160205079 (2022) Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament] Text (Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament)
Juliana, 160205079, FTK, PMA, 085373595251.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Permasalahan yang sering terjadi masih banyak siswa yang menganggap pembelajaran tidak penting. Masih banyak siswa merasa tidak tertarik untuk mengikuti pembelajaran matematika. Matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang rumit dan membosankan, sehingga menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Sehingga diperlukan suatu model Teams Games Tournament (TGT) yang melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya dan mengandung unsur permainan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) lebih baik dari pembelajaran konvensiona. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi eksperimen dengan desain control group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 13 Banda Aceh. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sample random sampling yang sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 27 siswa dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 27 siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji t, berdasarkan uji t diperoleh nilai t_hitung=2,53 dengan dk = 52. Pada taraf signifikan α=0,05 dan derajat kebebasan 52 dari tabel distribusi t diperoleh〖 t〗_((0,95)(52))=1,67. Karena t_hitung>t_tabel yaitu 2,53>1,67 dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Teams Games Tournament (TGT) lebih baik dari pembelajaran konvensional pada siswa SMP.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. H. Nuralam, M.Pd. 2. Susanti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Juliana Juli
Date Deposited: 09 Jan 2023 02:45
Last Modified: 09 Jan 2023 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25324

Actions (login required)

View Item
View Item