Penerapan Role Play Dalam Meningkatkan Hasil Belajar SKI Kelas VII Di MTS Raudhatul Multazam Kuta Buluh Simole

Liza Andini Br Ginting, 180201045 (2023) Penerapan Role Play Dalam Meningkatkan Hasil Belajar SKI Kelas VII Di MTS Raudhatul Multazam Kuta Buluh Simole. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Role Play Dalam Meningkatkan Hasil Belajar SKI Kelas VII Di MTS Raudhatul Multazam Kuta Buluh Simole] Text (Penerapan Role Play Dalam Meningkatkan Hasil Belajar SKI Kelas VII Di MTS Raudhatul Multazam Kuta Buluh Simole)
Liza Andini, 180201045, FTK, PAI, 082284890429.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB)

Abstract

Pengembangan model pembelajaran merupakan suatu rangkaian kegiatan dalam rancangan pembelajaran sebagai bentuk pertanggung jawaban guru kepada peserta didik, untuk menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan. Namun masih banyak pendidik tidak menerapkan model pembelajaran yang sesuai untuk materi yang disampaikan, sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam memehami materi, terkhususnya pada materi SKI yang lebih sering menggunakan metode ceramah, sehingga peserta didik merasasakan kejenuhan dan kurangnya minat belajar. Oleh karena itu peneliti ingin menerapkan model pembelajaran Role Play pada meteri SKI dengan tujuan model pembelajaran Role Play dapat meningkatkan hasil belajar serta menambah minat belajar peserta didik, terkhusus pada materi sejarah kebudayaan islam, dimana hasil observasi pserta didik mengalami kesulitan dalam mendeskripsikan kejadian-kejadian sejarah peradaban Islam. Metode penelitian yang dipakai peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas, model dalam penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis S dan Mc Taggart yang terdiri dari 2 siklus dan 4 tahap yakni: perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Subjek penelitian ini peserta didik dari kelas VIII MTs Raudhhatul Multazam tahun ajaran 2022-2023 dengan jumlah peserta didik delapan orang. penelitian ini dilakukan dengan alur pra penelitian dengan menggunakan RPP yang diterapkan dari guru SKI dan melakukan dua kali pertemuan dengan menggunakan model Role Play. Istrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru dan peserta didik, lembar tes yang terdiri dari 10 soal yang diberikan setelah selesai pembelajaran (post test) dan lembar wawancara. Penelitian ini dilakukan dari tanggal 18 Juli sampai 5 Agustus 2022. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat dari hasil siklus I dan II yaitu: aktivitas guru/peneliti pada siklus I mencapai persentase 88,5% (sangat baik) dan pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 95,2% (sangat baik). aktivitas peserta didik pada siklus I mencapai persentase 70,1% (baik) sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan mencapai persentase 86,5% (sangat baik). Hasil post test pada siklus I dengan nilai rata-rata 66,25 masih di bawah nilai kkm yang ditetepkan dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 81,25.Sehinga hasil pada siklus II dinyatakan berhasil karena sudah mencapai indikator kinerja. Pernyataan ini membuktikan bahwasanya penerapan model pembelajaran Role Play sangat baik digunakan dan dapat meningkaatkan hasil belajar peserta didik dan meningkatkan keaktifan peserta didik pada materi Sejarah Kebudayaan Islam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Liza Andini Br Ginting
Date Deposited: 09 Jan 2023 02:53
Last Modified: 09 Jan 2023 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25326

Actions (login required)

View Item
View Item