Implementasi Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perangkat Lunak Pengolah Presentasi Di Kelas X TB SMK Muhammadiyah Banda Aceh

Munira Rizkiyah, 180212022 (2023) Implementasi Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perangkat Lunak Pengolah Presentasi Di Kelas X TB SMK Muhammadiyah Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Implementasi Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perangkat Lunak Pengolah Presentasi Di Kelas X TB SMK Muhammadiyah Banda Aceh] Text (Implementasi Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perangkat Lunak Pengolah Presentasi Di Kelas X TB SMK Muhammadiyah Banda Aceh)
Munira Rizkiyah, 180212022, FTK, PTI, 082272144915.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Perangkat Lunak Pengolah Presentasi Di Kelas X Tb Smk Muhammadiyah Banda Aceh
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan menggunakan 3 siklus dan subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas X TB semester genap tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes hasil belajar, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi Perangkat Lunak Pengolah Presentasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa dari nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 43,07 pada siklus II sebesar 63,84 dan meningkat pada siklus III rata-rata kelas menjadi 77,69. Peningkatan pemahaman siswa terhadap materi dapat dilihat dari persentase ketuntasan sebesar 53,84% dan jumlah siswa yang memenuhi KKM sebanyak 7 siswa. Sedangkan untuk siklus III dengan persentase ketuntasan sebesar 76,92% dan jumlah siswa yang memenuhi KKM sebanyak 10 siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Munira Rizkiyah
Date Deposited: 09 Jan 2023 03:13
Last Modified: 09 Jan 2023 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25333

Actions (login required)

View Item
View Item