Analisis Mekanisme Take Over Pada Pembiayaan Murabahah Konsumtif PNS Di Bank Aceh Syariah Kantor Capem Lhoknibong

Raudatul Jannah, 180603273 (2023) Analisis Mekanisme Take Over Pada Pembiayaan Murabahah Konsumtif PNS Di Bank Aceh Syariah Kantor Capem Lhoknibong. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

[thumbnail of Analisis Mekanisme Take Over Pada Pembiayaan Murabahah Konsumtif PNS Di Bank Aceh Syariah Kantor Capem Lhoknibong] Text (Analisis Mekanisme Take Over Pada Pembiayaan Murabahah Konsumtif PNS Di Bank Aceh Syariah Kantor Capem Lhoknibong)
Raudatul Jannah, 180603273, FEBI, PS, 082360526774.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Mekanisme take over ada Pembiayaan murabahah konsumtif PNS di Bank Aceh Syariah Capem Lhoknibong, dimana pembiayaan tersebut memiliki potensi pasar yang besar karena Bank Aceh KCP Lhoknibong memiliki peluang dan kekuatan sehingga dengan memamfaatkan peluang dan kekuatan yang ada dapat memperbesar pertumbuhan pangsa pasar dan meraih kemajuan secara maksimal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, wawancara dan matrik SWOT. Kesimpulan dari analisis yang dilakukan diketahui pada Bank Aceh KCP Lhoknibong Penerapan sistem pembiayaan take over yang dilakukan pada Bank Aceh Syariah KCP Lhoknibong telah sesuai fatwa DSN MUI No. 31/DSNMUI/VI/2002 tentang pengalihan hutang. Dan tidak ada terjadi penyimpangan dalam skemanya sehingga bisa dikatakan bahwa pembiayaan take over yang dilakukan oleh Bank Aceh Syariah KCP Lhoknibong telah sesuai dengan prinsip syariah dan akad yang telah sah. terdapat strategi khusus terhadap pembiayaan murabahah, yaitu berupa proses pembiayaannya yang sangat cepat, menggunakan jasa Word of Mouth Marketing untuk menarik minat nasabah dan memiliki citra yang baik di masyarakat sekitar yang menumbuhkan kepercayaan pada Bank Aceh KCP Lhoknibong. posisi take over pada perusahaan saat ini berada pada tahap menjaga dan mempertahankan hal yang menjadi kekuatan internal perusahaan, selanjutnya strategi yang harus dilakukan pada tahap ini ialah terus meningkatkan pelayanan dalam pemberian pembiayaan agar debitur tidak berpindah ke perusahaan pesaing dan meningkatkan promosi pemasaran program take over.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Raudatul Jannah Raudah
Date Deposited: 09 Jan 2023 03:13
Last Modified: 09 Jan 2023 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25336

Actions (login required)

View Item
View Item