Model Pelayanan Sosial Bagi Korban Penyalahgunaan Narkoba Di Yayasan Kayyis Ahsana Aceh

Finni Afdila, 180404036 (2023) Model Pelayanan Sosial Bagi Korban Penyalahgunaan Narkoba Di Yayasan Kayyis Ahsana Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Model Pelayanan Sosial Bagi Korban Penyalahgunaan Narkoba Di Yayasan Kayyis Ahsana Aceh] Text (Model Pelayanan Sosial Bagi Korban Penyalahgunaan Narkoba Di Yayasan Kayyis Ahsana Aceh)
Finni Afdila, 180404036, FDK, PMI, 082123026941.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Model Pelayanan Sosial Bagi Korban Penyalahgunaan Narkoba di Yayasan Kayyis Ahsana Aceh”. Pelayanan sosial adalah suatu aktivitas yang bertujuan untuk memperbaiki suatu hubungan dengan lingkungan sosialnya. Dimana mereka memiliki kembali rasa kepercayaan diri sehingga mampu menjalankan fungsi sosialnya dalam kehidupan bermasyarakat, melalui usaha kesejahteraan sosial yang bersifat represif, rehabilitasi sosial, dan bantuan sosial. Narkoba merupakan salah satu jenis obat penghilang rasa sakit yang sering disalahgunakan oleh manusia. Narkoba awalnya digunakan untuk obat bius saat operasi dalam dunia medis. Namun, sekarang seiring perkembangan zaman banyak digunakan untuk menenangkan fikiran yang digunakan dengan dosis yang besar. Dampak dari kecanduan narkoba akan merusak masa depan penggunanya, seperti gangguan mental karena rusaknya susunan saraf. Faktor penyebab dari penyalahgunaan narkoba yang sering ditemui, yaitu melalui faktor internal (ekonomi yang tidak mencukupi dan broken home) dan eksternal (pergaulan bebas dan lingkungan tempat tinggal yang kurang baik). Adapun metode penelitian ini menggunakan deskriftif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, tekhnik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tekhnik analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan yang dilakukan bagi korban penyalahgunaan NARKOBA Di Yayasan Kayyis Ahsana Aceh yaitu Daftar, Pemeriksa klinik dan konseling, Rehabilitasi, Perawatan klien (rawat inap atau rawat jalan), Detoksifikasi, Program dasar, Program lanjut, Life skill. Model pelayanan sosial yang dilakukan bagi korban penyalahgunaan NARKOBA Di Yayasan Kayyis Ahsana Aceh yaitu Model pelayanan bimbingan keagamaan, Model Narcotic Anonymus, Model pelayanan bimbingan sosial. Kondisi korban setelah diberikan pelayanan sosial di Yayasan Kayyis Ahsana Aceh meliputi ada klien yang produktif setelah menjalani model pelayanan sosial dan ada korban yang produktif dan non produktif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Finni Afdila
Date Deposited: 10 Jan 2023 02:55
Last Modified: 10 Jan 2023 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25344

Actions (login required)

View Item
View Item