Nasionalisme Dalam Pandangan Panglima Polem IX

Muhammad Ihcsan, 191009010 (2023) Nasionalisme Dalam Pandangan Panglima Polem IX. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Nasionalisme Dalam Pandangan Panglima Polem IX] Text (Nasionalisme Dalam Pandangan Panglima Polem IX)
Muhammad Ihcsan, 191009010, IAI, 081377293796.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tesis ini berjudul Nasionalisme Dalam Pandangan Panglima Polem IX. Beberapa alasan yang menjadi problem sehingga penelitian ini penting untuk dilakukan, diantaranya adalah besarnya kiprah Panglima Polem IX dalam mempertahankan Aceh dari serangan penjajah dan kepedulianya terhadap kemerdekaan Republik Indonesia. sedemikian besar kiprah Panglima Polem IX namun namanya tidak banyak dikenal oleh masyarakat. Adapun Rumusan Masalah penelitian adalah Konsep Nasionalime dalam Islam, Urgensi Nasionalisme Di Indonesia dan Pemikiran Panglima Polem IX. Tujuan penelitian yaitu untuk mendapatkan gambaran tentang Konsep Nasionalisme dalam pandangan Panglima Polem IX. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library Research), yang didukung dengan metode gabungan (Mixed Methods), adapun penelitian lapangan digunakan untuk mendapatkan data tambahan sekaligus mengkonfimasi data- data yang didapatkan dari tulisan melalui wawancara (Interview) kepada responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Konsep Nasionalisme Panglima Polem IX sangatlah sesuai dengan Nasionalisme dalam Islam, Nasionalisme yang mengandung nilai- nilai Islam sehingga memberikan rasa cinta terhadap negara yang mengakar dihati rakyat, adapun Nonsep Nasionalisme Dalam Pandangan Panglima Polem IX yaitu Nasionalisme perjuangan, Nasionalisme kemanusiaan, Nasionalisme pembebasan,Nasionalisme persatuan dan kesatuan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Nasionalisme, Pemikiran Panglima Polem IX
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X9 Sejarah Islam dan Biografi
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X9 Sejarah Islam dan Biografi > 2X9.6 Perkembangan Islam di Berbagai Negeri Setelah 1800
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Muhammad Ihcsan Ihsan
Date Deposited: 09 Jan 2023 04:19
Last Modified: 09 Jan 2023 04:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25353

Actions (login required)

View Item
View Item