Hubungan Celebrity Worship Dengan Citra Tubuh Pada Mahasiswi Penggemar K-pop Di UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Chairul Niswah Ristiarni, 180901084 (2023) Hubungan Celebrity Worship Dengan Citra Tubuh Pada Mahasiswi Penggemar K-pop Di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Psikologi klinis dan Psikologi sosial] Text (Membahas tentang Psikologi klinis dan Psikologi sosial)
Chairul Niswah Ristiarni 180901084.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan kecenderungan celebrity worship dengan citra tubuh mahasiwi penggemar K-pop. penelitian ini meggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kolerasi. Subjek penelitian ini sebanyak 336 orang yaitu mahasiswi aktif UIN Ar-raniry Banda Aceh dengan pengambilan sampel purposive sampling. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini yaitu skala kecenderungan celebrity worship yang dibuat sendiri oleh peneliti berdasarkan dari Celebrity Attitude Scale yang dikembangkan oleh McCutcheon et al (2003) dan skala citra tubuh yang dibuat sendiri oleh peneliti berdasarkan pada Multidimensional Body Self Relation Questionnare- Appearance Scale (MBSRQ- AS) yang dikemukakan oleh Cash (dalam Cash & Pruzinsky, 2002). Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik product moment pearson. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai koefisien sebesar r =0,777 dan p = 0,000 yang berarti terdapat hubungan positif kecenderungan celebrity worship dengan citra tubuh pada mahasiwi penggemar K-pop di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Hal ini terdapat perbedaan antara penelitian ini dengan penelitian sebelumnya yang menunjukan semakin tinggi kecenderungan celebrity worship maka semakin tinggi citra tubuh dan semakin rendah kecenderungan celebrity worship maka semakin rendah pula citra tubuh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Chairul Niswah Ristiarni Niswah
Date Deposited: 10 Jan 2023 03:04
Last Modified: 10 Jan 2023 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25392

Actions (login required)

View Item
View Item