Wanprestasi Pada Perjanjian Kerjasama Pembangunan Rumah Real Estate Oleh Pihak Developer Menurut Akad Syirkah Inan Suatu Penelitian di Kecamatan Darussalam)

Rinaldi, 170102113 (2023) Wanprestasi Pada Perjanjian Kerjasama Pembangunan Rumah Real Estate Oleh Pihak Developer Menurut Akad Syirkah Inan Suatu Penelitian di Kecamatan Darussalam). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Wanprestasi Pada Perjanjian Kerjasama Pembangunan Rumah Real Estate Oleh  Pihak Developer  Menurut Akad  Syirkah Inan (Suatu Penelitian di Kecamatan Darussalam)] Text (Wanprestasi Pada Perjanjian Kerjasama Pembangunan Rumah Real Estate Oleh Pihak Developer Menurut Akad Syirkah Inan (Suatu Penelitian di Kecamatan Darussalam))
Rinaldi, 170102113, FSH, HES, 085270220239.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Dalam perjanjian kerjasama antara developer dengan pemilik lahan pembangunan rumah Real Estate dilakukan secara tertulis mengakibatkan wanprestasi yang telah merugikan pihak pemilik lahan. Fokus kajian yaitu bagaimana wanprestasi dan faktor-faktor penyebabnya pada kontrak perjanjian kerjasama pembangunan perumahan antara pemilik lahan dengan developer di Kec. Darussalam. Bagaimana konsekuensi wanprestasi pada kerjasama pembangunan rumah di Kec. Darussalam dan perlindungan hukum terhadap pemilik lahan. Bagaimana pandangan akad Syirkah Inan terhadap wanprestasi pada kerjasama pembangunan rumah real estate di Kecamatan Darusslam. Metode penelitian yang digunakan dalam bentuk deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan analisis data, berdasarkan analisis data yang dilakukan bahwa pihak pemilik lahan mengalami beberapa kerugian yang telah dilakukan oleh developer atas perjanjian kerjasama pembangunan rumah Real Estate tersebut tidak sesuai yang telah disepakati. Pada implementasi perjanjian pihak developer tidak memenuhi tanggung jawabnya untuk membangun seluruh rumah yang menjadi isi dari perjanjian tersebut. Akibatnya pihak pemilik lahan tidak mendapatkan haknya atas perjanjian yang telah disepakati dan tidak dapat memanfaatkan kembali lahannya dikarenakan terbengkalainya pembangunan yang disebabkan oleh pihak developer dalam terhentinya pembangunan rumah real estate tersebut. Pemenuhan ganti rugi dapat dilakukan secara musyawarah atau dengan melakukan perjanjian baru di luar perjanjian yang utama, sebagai bentuk perjanjian pertanggung jawaban konsekuensinya. Pelaksanaan perjanjian kerjasama pembangunan rumah real estate yang dilakukan antara developer dengan pemilik lahan tidak bertentangan dengan konsep Syirkah Inan baik pada klausula atau implementasi kontrak kerja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Rinaldi Rinaldi
Date Deposited: 10 Jan 2023 03:02
Last Modified: 10 Jan 2023 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25393

Actions (login required)

View Item
View Item