Risiko Kerja dan Pertanggungjawaban Karyawan pada Day Care dalam Perspektif Akad Ijârah ‘Ala Al-‘Amâl (Suatu Penelitian pada Day Care di Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh)

Hafizatun Nufus, 190102102 (2022) Risiko Kerja dan Pertanggungjawaban Karyawan pada Day Care dalam Perspektif Akad Ijârah ‘Ala Al-‘Amâl (Suatu Penelitian pada Day Care di Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Risiko     Kerja     dan     Pertanggungjawaban Karyawan pada Day Care dalam Perspektif Akad Ijârah „Ala Al-„Amâl  (Suatu Penelitian pada Day Care di Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh)] Text (Risiko Kerja dan Pertanggungjawaban Karyawan pada Day Care dalam Perspektif Akad Ijârah „Ala Al-„Amâl (Suatu Penelitian pada Day Care di Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh))
skripsi_ Hafizatun Nufus_190102102.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Day care merupakan sarana atau tempat penitipan anak yang hanya beroperasi pada saat jam kerja. Tinjauan hukum dalam pemanfaatan jasa day care menggunakan akad ijârah al-„amâl, dengan substansi permasalahan yang paling penting untuk dikaji adalah pertanggungjawab resiko yang terjadi pada day care itu sendiri. Realita yang terjadi di lapangan terdapat beberapa aspek yang perlu perbaikan dan peninjauan kembali pada Day care Kecamatan Syiah Kuala. Adapun yang menjadi permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui, pertama, bagaimana upaya pengendalian risiko yang dilakukan owner dan para pekerja Day Care di Kecamatan Syiah Kuala, kedua, bagaimana tindakan owner terhadap risiko yang terjadi pada pekerjaan di Day Care di Kecamatan Syiah Kuala, dan ketiga, bagaimana perspektif akad ijârah al-„amâl terhadap risiko kerja dan pertanggung jawab pihak karyawan pada Day Care di Kecamatan Syiah Kuala. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dan pengumpulan data dilakukan dengan library research dan field research, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pihak owner day care mengendalikan terjadinya risiko dengan cara membatasi tingkat usia anak dan banyaknya anak yang diterima. Bentuk tindakan yang diberikan kepada karyawan yang lalai berupa teguran lisan, teguran tertulis dan dikeluarkan. Pertanggungjawab terhadap risiko yang terjadi Day care di Kecamatan Syiah Kuala berdasarkan perspektif akad ijârah „ala al-„amâl, telah memenuhi standarisasi akadnya, hanya saja terjadi ketidak sesuaian pembagian pertanggung jawaban antara pihak karyawan dengan owner.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.223 Sewa Menyewa (Ijarah)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Hafizatun Nufus Nufus
Date Deposited: 10 Jan 2023 03:02
Last Modified: 10 Jan 2023 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25404

Actions (login required)

View Item
View Item