Pengurusan Mayit Islam Dan Buddha (Studi Kasus Di Kampung Bukit Kapar, Selangor, Malaysia)

Nornajiha Binti Ahmad Sukaimi, 170302025 (2023) Pengurusan Mayit Islam Dan Buddha (Studi Kasus Di Kampung Bukit Kapar, Selangor, Malaysia). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengurusan Mayit Islam Dan Buddha (Studi Kasus Di Kampung Bukit Kapar, Selangor, Malaysia)] Text (Pengurusan Mayit Islam Dan Buddha (Studi Kasus Di Kampung Bukit Kapar, Selangor, Malaysia))
NORNAJIHA BINTI AHMAD SUKAIMI, 170302 025, FUF, AA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pengurusan jenazah ada di setiap agama, termasuk dua agama yang paling banyak dianut di Malaysia, yaitu Islam dan Buddha. Generasi muda masih banyak yang belum mengetahui tentang tata cara pengurusan jenazah sehingga bingung tentang tata cara pengurusan jenazah yang baik dan benar sesuai dengan ajaran Nabi SAW. Keterlibatan umat Buddha dalam pengurusan jenazah juga jarang. Tidak tahu apakah anak muda takut melakukan kesalahan selama proses pengurusan jenazah atau ketidakpedulian orang tua yang tidak peduli dengan anaknya dalam mengungkap pengurusan jenazah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengurusan jenazah agama Islam dalam bangsa Melayu dan pengurusan jenazah agama Buddha dalam bangsa Cina serta bagaimana persiapan yang dilakukan untuk generasi muda sebagai pelapis. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, penulis menganalisis dan mengamati langsung fakta-fakta yang terjadi di lokasi penelitian di Gampong Bukit Kapar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak muda Melayu mampu untuk menguasai dan menguruskan pengurusan jenazah dengan adanya bantuan dan dorongan dari warga tua dan atas usaha para pemuda sendiri untuk menuntut ilmu. Orang Cina adalah masyarakat yang etnosentris, upacara kematian harus dilakukan mengikut adat dan tradisi yang diturunkan dari satu generasi ke generasi lainnya dan anak muda Cina Buddha melihat funeral services sebagai satu peluang pekerjaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 204 Pengalaman, Hidup, Praktik keagamaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Ilmu Perbandingan Agama
Depositing User: Nornajiha Binti Ahmad Sukaimi
Date Deposited: 10 Jan 2023 03:07
Last Modified: 10 Jan 2023 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25410

Actions (login required)

View Item
View Item