Uji Resistensi Antibiotik Terhadap Bakteri Escherichia Coli Pada Air Minum Isi Ulang Dari Depot Air Di Kecamatan Kuta Raja

Khaira Sagusta Putri, 170703057 (2023) Uji Resistensi Antibiotik Terhadap Bakteri Escherichia Coli Pada Air Minum Isi Ulang Dari Depot Air Di Kecamatan Kuta Raja. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Sains dan Teknologi.

[thumbnail of Uji Resistensi Antibiotik Terhadap Bakteri Escherichia Coli Pada Air Minum Isi Ulang Dari Depot Air Di Kecamatan Kuta Raja] Text (Uji Resistensi Antibiotik Terhadap Bakteri Escherichia Coli Pada Air Minum Isi Ulang Dari Depot Air Di Kecamatan Kuta Raja)
Khaira Sagusta Putri, 170703057, FST, BIO, 081262809070.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Depot air minum isi ulang merupakan sebuah teknologi pengelolaan air minum dengan cara mengubah air bersih menjadi air minum tanpa dimasak terlebih dahulu. Air minum isi ulang harus memenuhi syarat berdasarkan ketetapan PERMENKES No.32 Tahun 2017 dengan nilai ambang Escherichia coli yaitu 0 CFU/100 mL air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat bakteri Eschericia coli pada depot air isi ulang di Kecamatan Kuta Raja dan mengetahui resistensi bakteri terhadap antibiotik. Pengujian resistensi dilakukan dengan metode Kirby Bauer menggunakan antibiotik Amoksisilin dan Kloramfenikol untuk menguji daya hambat bakteri Escherichia coli. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 2 sampel air minum yang positif Escherichia coli yaitu pada sampel 5 dan 6. Hasil uji Aktivitas menunjukkan bahwa bakteri Escherichia coli resisten terhadap antibiotik Amoksisilin, sedangkan Kloramfenikol dengan tingkat presentase Intermediet sebanyak (75%) dan tingkat presentase sensitif sebanyak (25%).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Khaira Sagusta Putri
Date Deposited: 10 Jan 2023 03:05
Last Modified: 10 Jan 2023 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25413

Actions (login required)

View Item
View Item