Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Shopee PayLater DiTinjau dari Perspektif Ekonomi Syariah

Serli Vania Resa, 180602093 (2022) Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Shopee PayLater DiTinjau dari Perspektif Ekonomi Syariah. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Shopee Paylater] Text (Shopee Paylater)
Serli Vania Resa, 180602093, FEBI, ES, 082246895253.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Shopee merupakan salah satu marketplace jual beli yang diminati masyarakat. Fitur PayLater merupakan layanan pinjaman online tanpa kartu kredit yang memungkinkan konsumen membayar suatu transaksi di kemudian hari, baik dengan sekali bayar atau dengan mencicil. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) menggunakan metode analisis kuantitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik pengambilan sampel menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang merupakan data yang diperoleh langsung dari responden dengan penyebaran kuesioner. Hasil dari analisis regresi berganda menunjukkan bahwa variable kepercayaan berpengaruh positive dan signifikan terhadap keputusaan pembelian menggunakan shopee payLater terhadap mahasiswa UIN Ar-raniry Banda Aceh. Variable kemudahan berpengaruh positive dan signifikan terhadap keputusaan pembelian menggunakan shopee payLater terhadap mahasiswa UIN Ar-raniry Banda Aceh. Variable risiko berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusaan pembelian menggunakan shopee payLater terhadap mahasiswa UIN Ar-raniry Banda Aceh. Berdasarkan hasil uji regresi linear berganda melalui uji F variable kepercayaan, kemudahan dan risiko secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian shopee pay later pada mahasiswa UIN Ar-raniry Banda Aceh ditinjau dari perspektif ekonomi syariah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Serli Vania Resa Vani
Date Deposited: 10 Jan 2023 03:09
Last Modified: 10 Jan 2023 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25414

Actions (login required)

View Item
View Item