Hubungan Forgiveness Dengan Subjective Well-Being Pada Remaja Korban Perceraian Di Kec. Lembah Seulawah, Kab. Aceh Besar

Cut Syifani Urrahmah, 180901015 (2023) Hubungan Forgiveness Dengan Subjective Well-Being Pada Remaja Korban Perceraian Di Kec. Lembah Seulawah, Kab. Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Psikologi Klinis dan Psikologi Islam] Text (Membahas tentang Psikologi Klinis dan Psikologi Islam)
Full Skripsi Cut Syifani Urrahmah (180901015).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kondisi yang diderita oleh remaja korban perceraian menyebabkan mereka mendapatkan stigma negatif dari lingkungannya. Hal ini dapat menimbulkan kurangnya subjective well-being remaja korban perceraian. Salah satu faktor internal yang berpotensi mempengaruhi subjective well-being seseorang adalah forgiveness. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan forgiveness dengan subjective well-being pada remaja korban perceraian di Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Pengambilan sampel berdasarkan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 142 orang remaja korban perceraian di Kecamatan Lembah Seulawah. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Skala Forgiveness berdasarkan teori McCullough (2000) dan Skala Subjective Well-Being berdasarkan teori Diner (2005). Analisis data menggunakan korelasi Pearson product moment menunjukkan r = 0,443 p = 0,000 (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Forgiveness dengan subjective well-being pada remaja korban perceraian di Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar. Semakin tinggi forgiveness maka semakin tinggi subjective well-being pada remaja korban perceraian di Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
Depositing User: Cut Syifani Urrahmah
Date Deposited: 10 Jan 2023 03:17
Last Modified: 10 Jan 2023 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25417

Actions (login required)

View Item
View Item