Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual dan Metode Eksperimen pada Materi Transpor pada Membran Sel Kelas Xi IPA di SMAN 1 Kluet Tengah Kabupaten Aceh Selatan

Nur Hidayati, 281 324 802 (2018) Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual dan Metode Eksperimen pada Materi Transpor pada Membran Sel Kelas Xi IPA di SMAN 1 Kluet Tengah Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual]
Preview
Text (Membahas Tentang Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual)
Skripsi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan From D.pdf]
Preview
Text
Form B dan From D.pdf

Download (452kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi di kelas XI SMAN 1 Kluet Tengah selama proses pembelajaran Biologi berlangsung siswa cenderung pasif dan hanya menerima informasi dari guru serta sebagian siswa ketika guru mengajukan pertanyaan sering kali tidak ada tanggapan dari siswa. Sebagian siswa juga mengatakan kesulitannya dalam memahami proses-proses Biologi khususnya pada materi transpor pada membran sel. Permasalahan tersebut perlu dicari solusinya yaitu dengan menggunakan media audio visual dan metode eksperimen pada materi transpor membran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dan tanggapan siswa dengan penggunaan media audio visual dan metode eksperimen pada materi transpor pada membran sel di SMAN 1 Kluet Tengah Kabupaten Aceh Selatan. Rancangan penelitian yaitu Quasi Eksperimen dengan One-group Pre-test Posttest Design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Kluet Tengah yang terdiri dari 2 kelas. Adapun teknik sampel dengan purposive sampling yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas pembelajaran dengan penggunaan media audio visual dan metode eksperimen kelas XI IPA di SMAN 1 Kluet Tengah pada materi transpor pada membran sel yaitu 75 dengan kategori efektif, Tanggapan siswa terhadap penggunaan media audio visual dan metode eksperimen mendapatkan nilai persentase yang berbeda, yaitu untuk metode eksperimen 90% dengan kriteria baik sekali sedangkan tanggapan siswa dengan penggunaan media audio visual yaitu 85% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan penggunaan media audio visual dan metode eksperimen dapat meningkatkan efektivitas belajar siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Kluet Tengah Kabupaten Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dra. Nursalmi Mahdi, M. Ed. St 2.Nafisah Hanim, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, Metode Eksperimen, Efektivitas, Tanggapan Siswa.
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur Hidayati
Date Deposited: 15 Feb 2018 09:14
Last Modified: 15 Feb 2018 10:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2545

Actions (login required)

View Item
View Item