Penerapan Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 13 Banda Aceh

Mina Namirah Masih, 150205076 (2022) Penerapan Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 13 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Pendekatan Problem Solving] Text (Penerapan Pendekatan Problem Solving)
Mina Namirah Masih, 150205076, FTK, PMA, 082275133060.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (38MB)

Abstract

Peningkatan hasil belajar siswa merupakan suatu hal yang harus diupayakan oleh semua pihak guna meningkatkan mutu pendidikan Indonesia, terutama pada studi matematika yang merupakan ilmu universal. Untuk mengupayakan hasil belajar yang lebih baik dalam dunia pendidikan, terutama hasil belajar siswa kelas VII-3 SMP Negeri 13 Banda Aceh masih kurang baik. sehingga di perlukan suasana baru dalam pembelajaran, dan pendekatan problem solving merupakan pilihan yang baik untuk di terapkan selama proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah: “untuk meningkatkan aktivitas guru, serta siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan pendekatan problem solving”. Rencana penelitian menggunkan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan berfokus pada kelas VII-3 sebagai objek penelitian. Adapun penggumpulan data dilakukan dengan pemberian pretest dan tes siklus,serta observasi yang dilakukan teman sejawat. Objek penelitian yang dilakukan adalah siswa kelas VII-3, pengambilan kelas dilakukan berdasarkan hasil diskusi peneliti dan guru bidang studi, yang mana kelas tersebut memiliki masalah rendahnya hasil belajar siswa dan rendahnya aktivitas siswa, dan dari penelitian didapatkan hasil observasi pada pertemuan pertama siklus I sebesar 64,28% dan pertemuan kedua sebesar 76,19%. Pada siklus II pertemuan pertama sebesar 85,71% dan pertemuan kedua sebesar 97,61%. Juga hasil observasi aktivitas guru pada pertemuan pertama siklus I sebesar 73,86% dan pertemuan kedua sebesar 81,81% termasuk dalam kategori Baik, pada pertemuan pertama siklus II sebesar 88,63% dan pertemuan kedua sebesar 97,72%. Adapun untuk hasil tes siklus II didapatkan sebesar 92,30% yang termasuk kategori Sangat Baik. dan telah mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan Pendekatan Problem Solving mampu meningkatkan aktivitas siswa, aktivitas guru dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-3 SMP Negeri 13 Banda Aceh pada materi Himpunan.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Lukman Ibrahim, M.Pd 2. Zikra Hayati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Problem Solving, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Mina Namirah Masih Mina
Date Deposited: 11 Jan 2023 02:55
Last Modified: 11 Jan 2023 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25454

Actions (login required)

View Item
View Item